Santai

Siapkan 5 Jenis Kartu Transportasi Wajib Ini Saat Traveling di Asia

Siapkan 5 Jenis Kartu Transportasi Wajib Ini Saat Traveling di Asia

MOMSMONEY.ID - Sebelum berangkat traveling ke negara-negara Asia, sebaiknya siapkan beberapa kartu transportasi wajib punya berikut ini.

Saat berlibur ke luar negeri, masalah transportasi jadi hal yang perlu disiapkan dengan baik. Termasuk menyediakan kartu transportasi.

Setiap negara di Asia pun memiliki bermacam kartu transportasi yang berbeda-beda dan bisa digunakan untuk berlibur.

Berikut ini Momsmoney telah merangkum dari Klook beberapa kartu transportasi wajib di tiap negara Asia.

Baca Juga: Traveling Luar Negeri Murah Budget Cuma Rp 5 Jutaan, Ke Mana Saja?

Octopus Card

Jika punya rencana traveling ke Hong Kong dengan murah, cobalah menyiapkan kartu Octopus yang bisa digunakan untuk transportasi selama di sana.

Pembayaran MRT, bus, tram, dan belanja pun bisa dilakukan dengan menggunakan kartu ini selama Anda di Hong Kong.

Perlu diperhatikan bahwa Octopus Card akan otomatis mati saat tidak digunakan selama lebih dari 1000 hari. Namun bisa diaktifkan kembali ke kantor jika ingin menggunakannya.

Rabbit Card

Rabbit card adalah kartu transportasi yang bisa digunakan saat ingin berkeliling di Bangkok menggunakan BTS Skytrain. Selain untuk transport, kartu ini juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran cashless di restoran Bangkok.

Menariknya, Rabbit Card memiliki masa berlaku selama 7 tahun saja namun jika terus diisi dan digunakan maka masa berlaku kartu akan terus diperpanjang.

Baca Juga: Promo Liburan Ke Jepang Hemat Mulai Rp 6 jutaan

T-Money

Buat yang punya keinginan ke Korea tentu sudah tak asing dengan kartu yang satu ini. T-Money adalah alat transaksi cashless di Korea yang bisa digunakan untuk membayar tiket transportasi seperti bus serta pembayaran di toko.

Selain efisien dan multi guna, T-Money tidak memiliki masa berlaku. Sehingga kartu ini bisa digunakan kapan pun Anda berlibur kembali ke Korea dan melakukan top up.

EZ-Link

Dikenal juga dengan NETS FlashPay, kartu transportasi wajib di Singapura ini bisa digunakan untuk berkeliling dengan menggunakan transportasi umum. Sebut saja MRT, LRT, dan bus.

Meski fungsinya sama, baik kartu EZ-Link dan NETS FlashPay memiliki masa berlaku yang berbeda. Yaitu 7 tahun untuk NETS FlashPay dan 5 tahun untuk EZ-Link.

IC Card

IC Card adalah kartu transportasi yang wajib dimiliki saat ingin berlibur ke Jepang. Kegunaannya adalah untuk membayar transportasi seperti kereta, bus, dan transaksi belanja di Jepang.

Hal yang perlu jadi perhatian adalah IC Card memiliki jenis yang beragam tergantung wilayah kota di Jepang. Saat di Tokyo, Suica dan Pasmo adalah jenis IC Card yang umum digunakan. Sedangkan di Kansai, IC Card yang dipakai adalah jenis Icoca.

Nah, itulah tadi beberapa jenis kartu transportasi yang wajib dimiliki saat ingin traveling di negara Asia. Jangan lupa siapkan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News