AturUang

Selektif Berlangganan Aplikasi agar Kantong Tak Jebol, Begini Tipsnya

Selektif Berlangganan Aplikasi agar Kantong Tak Jebol, Begini Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Di era yang serba digital ini orang semakin dimanjakan dengan aplikasi. Bagi aplikasi yang sifatnya berbayar, pilih yang benar-benar sesuai kebutuhan. 

Sekarang ini banyak aplikasi yang sifatnya gratis yang bisa dimanfaatkan pengguna. Namun, sebagian dari mereka memilih yang berbayar untuk mendapatkan manfaat lebih. 

Sayangnya tak semua orang bsia mengontrol keinginannya untuk berlangganan aplikasi. Ada yang sekadar untuk hiburan atau justru ikut-ikutan 

Rizqi Syam, perencana keuangan Finansialku mengatakan berlangganan aplikasi mana ya boleh dan tidak boleh bergantung dari prefensi dan pekerjaan masing-masing.

Baca Juga: Cara Membatasi Konten TikTok yang Ingin Ditonton, Filter Kata Kunci hingga Mode Hapus

Menurutnya, dibalik banyaknya aplikasi yang sifatnya menghibur nyatanya banyak kategori aplikasi yang membantu kita untuk lebih meningkatkan produktivitas dan wawasan.

"Pilih aplikasi yang memiliki dampak terhadap produktivitas kita jangan hanya terfokus ke entertaintment saja," ujar Rizqi. 

Jika ada aplikasi yang mirip, Rizqi menyarankan coba bandingkan harga dan fitur di dalamnya. Dirinya juga memberikan saran apabila memungkinkan pilih paket keluarga agar bisa sharing pembayaran bersama keluarga dan teman dekat.

Baca Juga: Nonton di Aplikasi Hemat Biaya Hiburan, Benarkah?

Rizqi menambahkan bagi pengguna aplikasi berbayar ada baiknya memperhatikan kebijakan pembatalan subscription.

"Evaluasi penggunaan aplikasi, jika tidak terpakai lebih dari 2 minggu mungkin aplikasi tersebut memang tidak Anda butuhkan, dan segera Stop berlangganan." pesan Rizqi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News