AturUang

Biaya Wisuda di Perguruan Tinggi Jumlahnya Tak Sedikit, Begini Menyiapkannya

Biaya Wisuda di Perguruan Tinggi Jumlahnya Tak Sedikit, Begini Menyiapkannya

MOMSMONEY.ID - Bukan hanya biaya kuliah saja yang harus dipersiapkan oleh orang tua. Biaya wisuda anak pun juga sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari sebelum kelulusan. 

Nilai untuk biaya wisuda khsususnya mereka yang duduk di perguruan tinggi jumlahnya tidaklah sedikit. Sebenarnya orang tua atau mereka yang berkuliah punya waktu sekitar 3,5 hingga 4 tahun untuk menyiapkan biaya ini khususnya untuk yang duduk di bangku S1

Menurut Tita Gracia, perencana keuangan Finansialku mengatakan untuk wisuda kuliah, karena jenjang ini pendidikan paling tinggi orang tua dan anak-anak bisa mengumpulkan dana wisuda secara bersamaan. 

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Minat dan Bakat

"Orang tua bisa menyisihkan dan ditempatkan di reksadana pendapatan tetap," ujar Tita. 

Tita memberi ilustrasi misalnya saja biaya wisuda sekitar Rp 3,2 juta. Tita bilang ini tergantung dari institusi dan jasa yang ditawarkan. 

Misalnya, biaya tersebut rinciannya biaya wisuda wajib dari kampus Rp 1,5 juta. Lantas sewa kebaya atau jas Rp 400.000. Lalu jasa make up Rp 600.000 untuk wisudawan dan ibu. Ditambah pula dengan sewa studi foto Rp 500.000 dan juga transportasi Rp 200.000. 

Tita mempertimbangkan dengan inflasi dan lainnya empat tahun mendatang setelah anak lulus biayanya sekitar Rp 4.68.120. Oleh karena itu tiap bulan anak atau orang tua bisa menyisihkan Rp 162.819 dan uang itu ditempatkan di reksadana pendapatan tetap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News