Santai

Selain Enak, Ternyata Ini 5 Manfaat Salmon Buat Kesehatan

Selain Enak, Ternyata Ini 5 Manfaat Salmon Buat Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Punya beragam manfaat dan sehat, ini beberapa alasan Anda wajib mengonsumsi ikan salmon.

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang penuh nutrisi dan memiliki kandungan lemak baik.

Ikan jenis salmon pun bukan hanya dikenal karena menyehatkan saja, salmon pun juga enak untuk dimakan.

Jika Anda belum tahu, simak yuk beberapa manfaat makan ikan salmon berikut ini.

Baca Juga: 5 Tanda Stres Ini Bisa Dilihat Hanya Dari Wajah Saja, Mulai Perhatikan Ya

Protein tinggi

Protein memiliki peran penting dalam tubuh termasuk membantu penyembuhan setelah cedera, melindungi kesehatan tulang, dan menjaga massa otot selama penurunan berat badan dan seiring bertambahnya usia.

Untuk memperoleh protein lebih, mengonsumsi makanan tinggi protein seperti salmon bisa menjadi salah satu caranya. Laman Health Line menyatakan, salmon mampu mencukupi sebanyak 22–25 gram protein dalam tiap porsi 3,5 ons (100 gram).

Memperbaiki kesehatan mental

Beberapa studi menunjukkan hasil bahwa makan ikan seperti ikan salmon yang kaya akan omega 3 bisa membantu mengurangi gejala depresi, anxiety, dan meningkatkan mood.

Menurut meta analisis tahun 2020 di Global Health Journal, hal ini mungkin disebabkan oleh tingginya kadar asam lemak omega 3, yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan pelindung saraf.

Baca Juga: Selain Hemat, Makan Dalam Porsi Kecil Punya Segudang Manfaat Buat Tubuh

Meningkatkan metabolisme tubuh

Jenis ikan berminyak, seperti salmon, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar lipid darah, yang merupakan penanda penting kesehatan metabolisme tubuh.

Saat tubuh memiliki metabolisme yang baik berarti tubuh mampu memanfaatkan semua nutrisi dari makanan dan menangkal penyakit.

Kaya omega 3

Tidak seperti kebanyakan lemak lainnya, lemak omega 3 dianggap penting, artinya Anda harus mendapatkan dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya.

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang telah terbukti mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan faktor risiko penyakit kronis. Mengonsumsi setidaknya dua porsi salmon setiap minggu bisa membantu memenuhi asupan minyak omega 3.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Mengutip laman Good Housekeeping, dari penelitian yang masih berlangsung, pola makan dengan banyak mengonsumsi ikan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, sangat dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ikan secara teratur mungkin terkait dengan penurunan kadar trigliserida.

Jika sudah tahu manfaatnya, apakah Anda makin tertarik buat makan ikan salmon?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News