Santai

5 Tanda Stres Ini Bisa Dilihat Hanya Dari Wajah Saja, Mulai Perhatikan Ya

5 Tanda Stres Ini Bisa Dilihat Hanya Dari Wajah Saja, Mulai Perhatikan Ya

MOMSMONEY.ID - Mulai perhatikan, ini tanda-tanda Anda sedang stres yang bisa dilihat hanya dari wajah saja.

Tak banyak yang tahu bahwa stres bisa tampak walau tak diceritakan secara terang-terangan.

Bagian wajah adalah bagian yang paling rentan terkena dampak stres dan akhirnya memunculkan tanda-tanda stres yang tidak disadari.

Agar makin memahami kondisi kesehatan diri, inilah beberapa tanda Anda sedang stres yang bisa dilihat dari wajah.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Konsumsi Multivitamin, Salah Satunya Bisa Terhindar Pikun

Muncul jerawat

Salah satu tanda stres yang paling signifikan adalah munculnya jerawat di wajah. Ketika Anda sedang stres, tanpa disadari tubuh akan memproduksi hormon kortisol secara berlebih.

Tingginya kortisol akan membuat tubuh mengeluarkan hormon yang menstimulasi kelenjar minyak. Produksi minyak yang berlebihan di kelenjar minyak-lah yang kemudian memicu munculnya jerawat.

Kulit kering

Kulit kering pun bisa menjadi tanda Anda sedang stres, ya. Hal itu diungkap oleh laman Charleston Dermatology karena stres memiliki kaitan dengan sel-sel kulit.

Sebagai lapisan terluar kulit, stratum korneum bertindak sebagai pelindung bagi tubuh dari bakteri dan penyakit. Sekaligus menampung protein penting yang menjaga sel-sel kulit tetap sehat dan ter-hidrasi.

Ketika stres tidak dikelola, lapisan pelindung tersebut dapat retak, kulit kesulitan untuk menahan air dan menyebabkannya menjadi kering.

Baca Juga: Rahasia Hidup Lebih Bahagia, Wajib Terapkan 4 Kebiasaan Ini

Keriput

Munculnya keriput dan garis halus pun berkaitan dengan pengelolaan stres seseorang. Meningkatnya tingkat stres dapat mengubah protein di kulit, mengurangi elastisitasnya, dan membuatnya lebih rentan terhadap kerutan.

Tanda-tanda emosi kuat yang berulang, seperti alis yang berkerut secara terus-menerus saat stres dapat menjadi fitur permanen di wajah.

Adanya kantong mata

Selain menjadi tanda dari penuaan dini dan dehidrasi, munculnya kantong mata juga jadi tanda bahwa Anda sedang stres. Tampak secara terang-terangan di wajah, kantong mata bisa menjadi indikasi adanya pembengkakan di area mata.

Menurut Health Line, penelitian menemukan bahwa stres akibat kurang tidur meningkatkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, berkurangnya elastisitas, dan pigmentasi tidak merata.

Hilangnya elastisitas kulit di area bawah mata juga dapat menyebabkan terbentuknya kantong mata.

Kemerahan

Stres punya potensi untuk melemahkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri di usus dan kulit. Jika ketidakseimbangan ini terjadi pada kulit Anda, hal ini dapat menyebabkan kemerahan atau ruam.

Stres diketahui dapat memicu atau memperburuk beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ruam atau peradangan kulit, seperti psoriasis, eksim, dan dermatitis.

Semoga dengan mengetahui tanda stres dari wajah itu tadi, Anda jadi makin peka dengan kesehatan mental dan fisik, ya.

Selanjutnya: Citilink Terminal Berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Cek Rute Pesawat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News