Bugar

Sederet Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit

Sederet Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Siapa yang tak tahu sayuran wortel. Sayuran berwarna oranye ini dikenal luas akan berbagai manfaat untuk kesehatan, khususnya mata. Faktanya, selain baik untuk mata, ada beragam kandungan gizi lainnya dalam wortel seperti vitamin B karoten, senyawa antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, folat, magnesium, serta vitamin E yang dapat menyehatkan kulit.

Apa saja kira-kira manfaat wortel untuk kulit? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memperbaiki skin barrier dan melembapkan kulit

Wortel mengandung banyak antioksidan yang membantu untuk memperbaiki skin barrier pada kulit. Skin barrier menjadi pelindung bagi kulit dari berbagai masalah, seperti kulit kering, gatal, dan iritasi. Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, kondisi skin barrier kulit dapat membaik, kelembapan kulit semakin terjaga, hingga kondisi kulit yang akan terlihat semakin glowing. 

2. Memudarkan  jerawat dan mengurangi redness

Kandungan beta karoten dan vitamin A dalam wortel diketahui mampu mengontrol produksi sebum dan mengurangi timbulnya jerawat. Untuk hasil yang lebih efektif, disarankan juga untuk minum jus wortel sembari mengoleskannya pada kulit. Langkah ini direkomendasikan untuk dilakukan secara konsisten, agar jerawat semakin berkurang dan kulit akan tampak lebih glowing dalam beberapa bulan.

Baca Juga: Sayuran Berikut Tidak Boleh Ditanam Bersamaan, Ini Alasannya

3. Menghambat proses penuaan

Adanya kandungan vitamin A dan C dalam wortel juga bersifat sebagai antioksidan yang dapat membantu menghambat proses penuaan. Antioksidan yang ada dalam wortel ternyata efektif melawan radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Mengonsumsinya langsung atau menggunakan wortel sebagai masker membantu mencegah kerutan pada wajah, serta menanggulangi warna kulit wajah yang tidak merata sehingga kulit menjadi semakin glowing.

Dengan segenap kandungan baik yang dimilikinya untuk kulit, tidak heran jika wortel tidak hanya diolah sebagai bahan masakan, namun juga menjadi masker wajah alami hingga berbagai produk kecantikan lainnya. 

dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Eddy Karta, SpKK, PhD bilang pada umumnya skincare berbahan dasar dari tumbuhan atau vegan lebih ringan di kulit sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan sebabkan komedo/jerawat.

"Untuk penanganan masalah jerawat yang lebih efektif, disarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan dasar vegan/tumbuhan, mineral, dan bahan sintesis lab yang bukan turunan dari hewan," ujar dr. Eddy dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Jika mengolah wortel sebagai jus dan skincare alami menjadi sesuatu yang merepotkan dan menghabiskan waktu, kini tersedia skincare berbahan dasar wortel yang dihadirkan oleh SKINFOOD, sebuah brand kosmetik asal Korea Selatan.

Dengan filosofi “treat your skin with food” yang mengedepankan nutrisi makanan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, SKINFOOD menghadirkan seri produk Carrot Carotene, yaitu Carrot Carotene Relief Cream, Carrot Carotene Soothing Toner, dan Carrot Carotene Calming Water Pad yang telah dikenal kaya akan vitamin dan antioksidan sehingga dapat memperbaiki skin barrier serta menghidrasi kulit yang mungkin rusak akibat bahan kimia pada skincare non vegan. 

"SKINFOOD terus berinovasi menghadirkan skincare berbahan dasar makanan alami, salah satunya adalah rangkaian series Carrot Carotene yang berbahan dasar wortel. Kami juga terus berusaha menghadirkan produk unggulan kami lewat beragam channel, baik melalui online store maupun offline store agar para customer bisa mendapatkan produk terbaik SKINFOOD sesuai dengan preferensi belanja mereka," ujar SKINFOOD Indonesia Managing Director, Iswandy Lim.

Baca Juga: Cocok untuk Penderita Hipertensi, Ini 16 Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

SKINFOOD hadir di beberapa lokasi di Jakarta, seperti di Mal AEON BSD, Mal Plaza Indonesia, dan Lotte Mall Jakarta, serta yang terbaru di Sun Plaza Medan. Berlokasi di Ground Floor, Unit C-02A, store terbaru SKINFOOD di Medan  menghadirkan berbagai promo menarik dalam periode pembukaan mulai dari tanggal 17-19 Mei dengan berbagai voucher potongan harga, goodie bag senilai 300 ribu, hingga kesempatan untuk meraih hadiah dalam spin the wheel.

Memilih Medan sebagai lokasi store terbaru SKINFOOD bukan tanpa alasan. Medan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang juga sentral niaga dan ekonomi di Pulau Sumatra. Inilah yang membuat SKINFOOD optimis untuk membuka permanent store di Sun Plaza, Medan.

“SKINFOOD selalu melakukan riset secara mendalam tentang permintaan dan opini dari customer. Kami menemukan bahwa cukup banyak customer SKINFOOD di Kota Medan, sehingga menurut kami perlu untuk menghadirkan offline store SKINFOOD untuk melayani para customer kami di Kota Medan dan sekitarnya,” tambah Iswandy.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Sarapan Super Cepat untuk Keluarga, Moms yang Sibuk Wajib Tiru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News