Bugar

Ini Kebiasaan yang Bisa Cegah Hilangnya Kolagen pada Kulit!

Ini Kebiasaan yang Bisa Cegah Hilangnya Kolagen pada Kulit!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak kebiasaan apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah hilangnya kolagen pada kulit!

Melansir Hey Gergeous, kolagen adalah protein penting yang menjaga kulit kita tetap lembut, awet muda dan kencang. Sebab, semakin tua produksi kolagen secara alami dari dalam tubuh semakin berkurang. 

Baca Juga: 10 Fitur Pesan Tersembunyi di iOS 17, Tidak Banyak Diketahui Pengguna

Semakin berkurangnya kolagen bisa menyebabkan munculnya garis halus, kerutan dan kulit menjadi kendur. Nah, meski kita tak bisa mencegah penuaan, kita bisa melakukan kebiasaan yang membantu mencegah hilangnya kolagen dan menjaga kesehatan serta keindahan kulit. 

Melansir Everyday Health, faktor lingkungan seperti cahaya matahari dan polusi bisa menjadi salah satu penyebab hilangnya kolagen. Adapun, kolagen mulai hilang dari kulit di usia awal 20-an. Sehingga penting untuk tahu kebiasaan apa saja yang bisa membantu mencegah hilangnya kolagen pada kulit. 

Lindungi kulit dari sinar matahari
Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama kulit kehilangan kandungan kolagen. Masuknya sinar UV yang berbahaya dan radikal bebas bisa merusak kandungan kolagen. 

Kebiasaan pertama yang bisa Anda lakukan adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Caranya dengan menggunakan tabir surya minimal SPF 30 setiap hari. 

Baca Juga: Pria atau Wanita, Siapa Sebenarnya yang Harus Mapan Sebelum Menikah?

Usahakan melakukan diet sehat
Apa yang Anda makan sangat mempengaruhi produksi kolagen pada tubuh. Jadi ada baiknya konsumsi makanan yang bisa meningkatkan produks kolagen seperti buah dan sayuran yang tinggi vitamin C. Bisa juga makanan kaya protein seperti daging dan ikan. 

Hindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan
Merokok tak hanya berbahaya bagi kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga bisa mempercepat hilangnya kandungan kolagen. Zat beracun dalm rokok bisa mengurangi produksi kolagen pda tubuh dan mengurangi kemampuan kulit memperbaiki dirinya sendiri. 

Sama halnya dengan rokok, konsumsi alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan mempercepat proses penuaan kulit. Sehingga hindari merokok dan batasi konsumsi alkohol untuk mencegah hilangnya kandungan kolagen pada kulit. 

Konsisten melakukan perawatan kulit
Cara lain untuk mencegah hilangnya kolagen pada kulit adalah disiplin dalam melakukan perawatan kulit. Bersihkan kulit dengan lembut untuk menghilangkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami. 

Jangan pernah melewatkan pelembab. Produk ini tidak hanya memberikan nutrisi penting tetapi juga melindungi kulit dan mengurangi potensi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Melembabkan kulit setiap hari bisa menjaga hidrasi dan elastisitas kulit. 

Baca Juga: Ini lo Kekurangan Menggunakan Model Dapur Terbuka di Rumah

Gunakan produk yang mengandung retinoid atau bakuchiol
Retinoid atau retinol adalah vitamin A yang meningkatkan kolagen. Penelitian menunjukkan setelah menggunakan retinol selama 12 minggu kerutan wajah mulai menghilang. 
Jika retinol dirasa terlalu keras, pilih kandungan yang lebih alami yaitu bakuchiol. Bahan ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. 

Batasi konsumsi gula
Terlalu banyak konsumsi gula bisa mendorong pembentukan produk akhir glikasi yang memecah kolagen. Sehingga hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang menggunakan gula tambahan pada label produk.

Demikian informasi cara mencegah hilangnya kandungan kolagen pada tubuh. Moms perlu melakukan gaya hidup sehat ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News