Bugar

Sebaiknya Waspada, Ini 6 Penyakit yang Biasa Muncul Setelah Lebaran!

Sebaiknya Waspada, Ini 6 Penyakit yang Biasa Muncul Setelah Lebaran!

MOMSMONEY.ID - Wajib waspada, yuk ketahui beberapa penyakit yang biasa muncul setelah Lebaran berikut.

Setelah merayakan Lebaran dengan berbagai hidangan lezat, ada beberapa penyakit yang biasanya muncul sebagai dampak dari pola makan yang berubah tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyakit tersebut dan tetap waspada serta menjaga kesehatan setelah perayaan Idul Fitri.

Momsmoney akan menguraikan beberapa penyakit yang biasa muncul setelah Lebaran di bawah ini:

1. Gangguan Pencernaan

Seringkali, kecenderungan makan berlebihan saat Lebaran dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti asam lambung atau gastritis. Untuk mencegahnya, batasi porsi makan Anda dan hindari makanan yang pedas, asam, atau berlemak.

Baca Juga: Pencernaan Auto Lancar, Yuk Coba Olahraga untuk Mengatasi Sembelit!

2. Kenaikan Berat Badan

Pola makan yang tidak terkontrol selama Lebaran dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Atur pola makan dan rutinitas olahraga yang sehat, serta hindari makanan tinggi gula dan lemak.

3. Dehidrasi

Saat Lebaran, ada kecenderungan untuk mengabaikan kebutuhan minum air putih. Pastikan untuk mengonsumsi cukup air putih, hindari minuman berkafein atau beralkohol, dan konsumsi buah-buahan yang kaya akan air.

4. Sakit Kepala

Stres saat persiapan Lebaran dapat menyebabkan sakit kepala. Pastikan Anda mendapatkan cukup istirahat, hindari stres berlebihan, dan lakukan relaksasi seperti meditasi atau yoga.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan selama Mudik Lebaran ala Wellings

5. Kenaikan Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Menyadur dari Halodoc, makanan manis dan berlemak yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Waspadai gejala seperti nyeri dada atau lengan saat stres atau melakukan aktivitas fisik berat. Batasi konsumsi makanan tersebut dan monitor kesehatan Anda secara berkala.

6. Flu atau Pilek

Pertemuan banyak orang saat Lebaran dapat meningkatkan risiko penyebaran flu dan pilek. Untuk menghindarinya, batasi kontak fisik seperti berjabat tangan dan selalu cuci tangan sebelum dan setelah makan atau berinteraksi dengan orang lain.

Itulah beberapa penyakit yang biasa muncul setelah Lebaran. Lebaran memang momen yang menyenangkan, namun jangan sampai mengabaikan kesehatan.

Dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, Anda dapat menghindari masalah kesehatan yang mungkin muncul setelah Lebaran. Jika merasakan gejala yang mengkhawatirkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News