Santai

Sarana Edukasi & Hiburan, Workshop Membuat Patung Hadir di Galeri Nasional Indonesia

Sarana Edukasi & Hiburan, Workshop Membuat Patung Hadir di Galeri Nasional Indonesia

MOMSMONEY.ID - Pameran “Patung dan Aktivisme: Dolorosa Sinaga dan Budi Santoso” telah hadir di Galeri Nasional Indonesia sejak 19 Juli. Pameran ini pun menghadirkan program edukasi berupa seminar dan workshop membuat patung.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan pameran, pengunjung yang berminat untuk mengikuti workshop juga mendapatkan kesempatan untuk melihat pameran dan mengeksplorasi pameran patung yang akan menjadi wadah percakapan ekspresi patung lintas generasi.

Membuat patung tidak hanya jadi aktivitas untuk meningkatkan kreativitas, tetapi juga bisa menjadi wadah hiburan dan edukasi.

Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency, Ahmad Mahendra mengatakan, selain untuk mendukung edukasi terkait seni patung dan cara pembuatannya, kegiatan workshop membuat patung merupakan salah satu bentuk komitmen IHA dalam mendorong pelaksanaan program publik yang menarik di museum.

“Hadirnya program publik dalam kegiatan pameran yang diselenggarakan di unit museum yang dikelola oleh IHA merupakan salah satu bentuk upaya kami untuk menjadikan museum sebagai ruang eksplorasi seni, budaya, dan juga edukasi yang menarik, menghibur, dan dapat dinikmati oleh publik," ujar Mahendra dalam keterangan tertulis, Rabu (24/7).

Dia berharap, ke depannya, pameran-pameran yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia turut menghadirkan program publik yang menarik sehingga meningkatkan ketertarikan generasi muda untuk belajar seni membuat patung dan menghargai hasil karya seni yang diciptakan para maestro.

Baca Juga: Catat, ya! Inilah 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Adapun,  kegiatan Workshop Patung, Lukis, dan Cukil pada Pameran Patung dan Aktivisme Dolorosa Sinaga & Budi Santoso akan dilaksanakan setiap hari Sabtu tanggal 27 Juli dan 10 Agustus
2024 pukul 10:00-15:00 WIB.

Dalam workshop ini, peserta yang terdiri dari remaja dan dewasa akan mendapatkan kesempatan untuk membuat patung dari tanah liat dan aluminium foil, mempelajari cara mewarnai dan melukis patung, serta seni untuk memahat patung dengan alat cukil.

Untuk pengunjung anak-anak yang tertarik mengikuti workshop dapat mengikuti kegiatan mewarnai dan melukis patung.

Selain menyelenggarakan kegiatan workshop membuat patung, Pameran Patung dan Aktivisme Dolorosa Sinaga & Budi Santoso juga mengadakan kegiatan seminar dan diskusi pada Kamis, 25 Juli 2024 pukul 14.00.

Seminar ini membahas terkait Aktivisme Seni dalam Pendidikan Seni, kegiatan seminar ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada pengunjung dan peserta terkait pentingnya seni mematung dalam pelestarian seni dan budaya di Indonesia.

Penanggung Jawab Unit Galeri Nasional Indonesia, Jarot Mahendra  menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak yang terlibat dalam pameran dan juga program workshop yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia.

"Kami berharap kegiatan pameran dan juga program publik yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia dapat bermanfaat dan juga menjadi media pembelajaran, edukasi, dan juga rekreasi bagi generasi muda Indonesia," katanya.

Sementara itu, Dolorosa Sinaga, Maestro patung yang telah berkarya lebih dari empat dekade di Indonesia mengatakan bahwa kreativitas adalah sebuah kebahagiaan selamanya. "Dan memandang seni serta ekspresi yang dibawanya maka penting bagi saya untuk berbagi makna seni yaitu Art is Love, Art is Power melalui kegiatan workshop membuat patung," katanya.

Bila Anda tertatik mengikuti kegiatan workshop ini, Anda perlu melakukan registrasi ​​Pameran Seni Rupa “Patung & Aktivisme” melalui situs gni.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya: Promo Alfamart Noodle Fair. Mie Oven Beli 2 Gratis 1, Mi Richeese Beli 2 Lebih Murah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News