Bugar

Resep Awet Muda, Intip Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Anda

Resep Awet Muda, Intip Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Menilik manfaat bunga telang untuk kesehatan. Disebut bikin awet muda, benarkah?

Bunga telang adalah tanaman yang indah dengan bunga berwarna biru cerah yang tidak hanya memikat mata tetapi juga menyimpan segudang manfaat kesehatan.

Meskipun lebih dikenal sebagai penghias taman atau bahan pewarna alami, manfaat kesehatan bunga telang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja, sih, manfaat bunga telang untuk kesehatan?

Momsmoney akan menguraikan beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan sebagai berikut, menyadur dari laman Dokter Sehat:

1. Membuat awet muda

Bunga telang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh, zat yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan percepatan penuaan. Penggunaan rutin bunga telang dapat memperlambat proses penuaan, termasuk meminimalisir kerutan pada kulit.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

2. Antiinflamasi

Bunga telang memiliki sejarah panjang dalam pengobatan Ayurvedic sebagai agen antiinflamasi. Penelitian modern telah menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang efektif dalam mengurangi suhu tubuh selama demam, berkat kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penelitian telah menemukan bahwa theanine, sebuah enzim yang ditemukan dalam bunga telang, efektif dalam menurunkan dan mengatur tekanan darah tinggi. Bunga telang juga memiliki sifat diuretik yang telah dibuktikan, membantu dalam pengelolaan hipertensi.

Baca Juga: Apakah Buah Pir Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya di Sini

4. Mengontrol gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa bunga telang dalam bentuk serbuk efektif dalam mengurangi dan menstabilkan kadar glukosa darah. Mengonsumsi teh bunga telang disarankan sebagai bagian dari pengelolaan diabetes bersama dengan diet sehat.

5. Menyehatkan jantung

Dalam studi hiperlipidemia, bunga telang efektif menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total. Sebanding dengan obat statin, bunga telang menunjukkan potensinya dalam mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Apakah Pisang Bagus untuk Asam Lambung? Cek Makanan Penurun Asam Lambung Lainnya

6. Menyehatkan otak

Penelitian mengenai bunga telang telah menunjukkan potensinya dalam meningkatkan ingatan dan menyediakan manfaat neurologis lainnya, seperti anti-depresi dan anti-kecemasan. Ini menunjukkan bahwa bunga telang memiliki berbagai efek menguntungkan untuk kesehatan otak.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bunga telang dikenal efektif dalam melawan berbagai jenis bakteri. Minuman teh dari bunga telang sangat disarankan selama musim dingin atau peralihan cuaca, dimana infeksi seperti flu dan pilek lebih sering terjadi.

Mengonsumsi teh ini secara rutin dapat meningkatkan sistem imun Anda, sehingga membantu tubuh dalam melawan patogen dan menghindari penyakit.

Baca Juga: Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

8. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme yang aktif dan sehat penting untuk menghindari kelebihan berat badan dan menjaga berat badan ideal.

Bunga telang diketahui dapat meningkatkan efek dari norepinefrin, sebuah hormon yang membantu dalam pembakaran lemak, sehingga mendukung metabolisme tubuh yang lebih efisien.

9. Mencegah insomnia

Teh bunga telang, yang merupakan teh herbal tanpa kafein. Teh ini dapat merangsang produksi dopamin dan membantu mengurangi stres serta kecemasan, mendukung tidur yang lebih nyenyak bagi mereka yang menderita insomnia.

Baca Juga: Gampang, Begini 5 Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah Anda!

10. Menyehatkan kulit

Dengan sifat antiinflamasi dan antibakteri, bunga telang efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan serta melawan bakteri penyebab jerawat dan ketidakmerataan warna kulit.

11. Menyehatkan mata

Kandungan antioksidan proanthocyanidin dalam bunga telang mendukung aliran darah ke kapiler mata. Konsumsi bunga telang membantu dalam pengobatan kondisi mata seperti glaukoma dan kerusakan retina.

Baca Juga: Turunkan Hipertensi, Ini Buah Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat

12. Mengurangi lemak penyebab penyakit

Bunga telang juga membantu mengurangi lemak visceral, yang dapat menyebabkan kondisi kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi. Meminum teh bunga telang secara rutin dapat mendukung pola makan sehat dan olahraga dalam mengelola lemak ini.

Untuk mendapatkan manfaat bunga telang untuk kesehatan tersebut, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk teh. Cara membuatnya adalah seduh beberapa bunga telang kering menggunakan air panas.

Gunakan teko kaca atau keramik karena kedua material ini tidak bereaksi dengan teh dan memungkinkan warna alami teh terlihat jelas. Biarkan teh tersebut meresap beberapa saat, aduk perlahan hingga air berubah menjadi biru cerah.

Jika ingin menambahkan rasa manis, campurkan sedikit madu ke dalam teh. Jika Anda menyukai rasa asam, tambahkan juga beberapa tetes air lemon. Untuk mendapatkan manfaat optimal, disarankan untuk minum teh bunga telang ini setidaknya satu jam sebelum atau sesudah makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News