Bugar

Rahasia Jitu biar Tidak Sering Haus saat Puasa, Ini Tipsnya

Rahasia Jitu biar Tidak Sering Haus saat Puasa, Ini Tipsnya

MOMSMONEY.ID - Tips jitu mengurangi rasa haus saat puasa, simak, yuk.

Memasuki bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi saat berpuasa adalah mengatasi rasa haus. Namun, ada beberapa tips jitu mengurangi rasa haus saat puasa.

Apa saja kira-kira? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda agar tidak sering merasa haus saat puasa:

1. Tingkatkan asupan air putih saat sahur dan buka

Salah satu kunci utama untuk menghindari dehidrasi dan rasa haus yang berlebihan selama berpuasa adalah dengan memastikan Anda terhidrasi dengan baik. Ini berarti meningkatkan asupan air putih saat sahur dan buka puasa.

Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air antara waktu berbuka dan sahur. Minum air secara bertahap dan hindari minum banyak air sekaligus untuk menghindari kembung.

Baca Juga: Tak Perlu Ke Gym, 5 Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah Saat Puasa

2. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang memicu dehidrasi

Beberapa jenis makanan dan minuman bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

Merangkum dari Foods Trend, makanan yang sangat asin atau pedas, serta minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan soda, dapat meningkatkan rasa haus. Cobalah untuk mengurangi konsumsi jenis makanan dan minuman ini saat sahur dan buka puasa.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran mengandung banyak air yang bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, buah dan sayuran juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh selama berpuasa.

Mengutip dari Healthline, buah-buahan seperti semangka, timun, dan stroberi adalah pilihan yang baik karena kandungan airnya yang tinggi.

Baca Juga: Ini Jadwal Imsakiyah Jakarta Selama Ramadhan 2024

4. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan

Selama berpuasa, cobalah untuk menghindari aktivitas fisik yang berlebihan, terutama pada jam-jam ketika matahari sedang terik. Aktivitas fisik yang intens bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air, yang mungkin sulit dipenuhi saat Anda berpuasa.

Jika perlu melakukan aktivitas fisik, lakukan pada waktu sejuk seperti di pagi hari atau setelah berbuka puasa.

5. Atur ulang jadwal olahraga

Jika Anda terbiasa berolahraga, pertimbangkan untuk mengatur ulang jadwal latihan Anda selama bulan puasa. Berolahraga setelah berbuka puasa atau sebelum sahur adalah waktu yang ideal karena Anda dapat langsung menggantikan cairan yang hilang setelah berolahraga.

Itulah beberapa tips jitu mengurangi rasa haus saat puasa. Dengan perencanaan dan persiapan yang tepat, Anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman dan fokus selama bulan suci ini. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News