Bugar

Penderita Hipertensi Catat! Hindari 6 Sayuran Pantangan Darah Tinggi Ini

Penderita Hipertensi Catat! Hindari 6 Sayuran Pantangan Darah Tinggi Ini

MOMSMONEY.ID - Apa saja sayuran pantangan darah tinggi? Hindari beberapa sayuran pantangan darah tinggi berikut ini, ya.

Meskipun sayuran umumnya dianggap sebagai pilihan yang sehat, beberapa di antaranya mungkin kurang ideal untuk orang dengan tekanan darah tinggi karena kandungan sodium, kalium, atau tiramin yang tinggi.

Apa saja sayuran pantangan darah tinggi? Menyadur dari laman Halodoc, berikut adalah beberapa sayuran pantangan darah tinggi yang harus diwaspadai oleh penderita hipertensi:

1. Sayuran dengan tambahan garam berlebih

Garam atau natrium adalah faktor utama yang dapat meningkatkan tekanan darah dan berisiko terhadap penyakit jantung. Natrium dapat mengganggu keseimbilan cairan dalam darah dan biasanya terdiri dari sekitar 40 persen sodium.

American Heart Association menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2.300 miligram (mg) natrium atau sekitar satu sendok teh garam per hari.

Baca Juga: Sedang Diet? Cobalah Pengganti Santan untuk Diet Berikut Ini

2. Sayuran yang diolah menjadi keripik

Keripik sayuran, termasuk keripik kentang, mengandung kadar garam yang tinggi. Camilan ini tidak hanya berpotensi meningkatkan hipertensi tetapi juga lemaknya dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan memburuknya kesehatan jantung.

3. Sayuran acar

Sayuran yang diawetkan melalui pengasaman dengan cuka, air, dan garam memiliki kandungan sodium yang sangat tinggi. Kandungan natrium ini meningkat seiring dengan lama waktu sayuran dalam larutan pengawet.

Hal ini menjadikan sayuran acar sebagai jenis sayuran yang harus dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Cocok untuk Penderita Hipertensi, Ini 16 Makanan Penurun Darah Tinggi dengan Cepat

4. Sayuran beku

Sayuran beku dapat menjadi praktis dan memiliki umur simpan yang lama. Namun, sayuran beku bisa mengandung natrium yang sangat tinggi, sering kali melebihi jumlah asupan garam harian yang disarankan.

Oleh karena itu, sayuran beku sebaiknya dihindari oleh mereka yang menderita hipertensi.

5. Sayuran kalengan

Sayuran kalengan sering ditemukan dalam berbagai masakan dan mungkin terlihat sebagai pilihan yang sehat. Namun, kandungan natrium atau garam yang sangat tinggi dalam sayuran kalengan dapat berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi.

Saat memilih sayuran kalengan, penting untuk membaca label nutrisi dan memilih produk yang rendah garam atau rendah natrium.

Baca Juga: Cegah Penyakit Berbahaya, Ini Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan!

6. Tomat kalengan

Meskipun tomat segar kaya akan lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat menurunkan kolesterol serta menjaga kesehatan jantung, produk tomat kalengan berbeda.

Produk-produk seperti saus tomat kalengan dan jus tomat biasanya mengandung natrium tinggi, yang berisiko menyebabkan peningkatan tekanan darah. Sebagai alternatif yang lebih sehat, disarankan untuk mengonsumsi tomat segar.

Itulah beberapa sayuran pantangan darah tinggi yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: NIM Mengempis, Bank-Bank di China Berhenti Tawarkan Produk Simpanan Berbunga Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News