Bugar

Pilihan Olahraga yang Aman untuk Cegah Serangan Jantung

Pilihan Olahraga yang Aman untuk Cegah Serangan Jantung

MOMSMONEY.ID - Berikut ini pilihan olahraga yang aman untuk mencegah serangan jantung.

Dengan melakukan olahraga yang sesuai dan mematuhi tips keselamatan, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Olahraga tersebut sebaiknya Anda sesuaikan dengan tingkat kebugaran dan preferensi pribadi. 

Yohanes Loho, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, mengatakan, ada beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keseahtan jantung. 

Baca Juga: Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Saat akan Lari Maraton

Pertama, aerobik yang meliputi berjalan cepat, berlari, bersepeda, berenang, dan senam aerobik. "Aktivitas aerobik membantu meningkatkan detak jantung, pernapasan, dan membakar kalori," kata Yohanes. 

Kedua, latihan kekuatan. Sebut saja, angkat beban atau latihan tubuh bebas. Latihan ini membantu memperkuat otot dan meningkatkan metabolisme.

Ketiga, latihan fleksibilitas. Contoh olahraganya, yoga atau pilates. Latihan ini membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan meredakan ketegangan otot.

Keempat, latihan interval. Jenis olahraga ini kombinasi antara latihan berintensitas tinggi dan istirahat singkat. Latihan interval membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular dengan cepat.

Baca Juga: Tips Minimalisasi Risiko Saat Olahraga Lari

Dalam melakukan olahraga tersebut, Yohanes menyarankan, untuk mulai dengan perlahan. "Mulailah dengan intensitas rendah dan tingkatkan secara bertahap. Ini membantu tubuh Anda beradaptasi dan menghindari cedera," ungkapnya.

Lakukan pemanasan dan pendinginan. Paling tidak perlu pemanasan selama 5-10 menit sebelum berolahraga dan pendinginan selama beberapa menit setelahnya. Hal ini membantu mengurangi risiko cedera dan memperlancar peredaran darah.

Jangan lupa untuk mendengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa sakit atau tidak nyaman saat berolahraga, istirahatlah dan konsultasikan dengan dokter jika gejala tersebut berlanjut.

Yang tak kalah penting adalah melakukan diet seimbang. Yohanes berpesan jangan lupa untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang sebagai bagian dari gaya hidup aktif Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News