Bugar

Perkuat Safe Running, POCARI Sweat Run 2024 Digelar di Bandung

Perkuat Safe Running, POCARI Sweat Run 2024 Digelar di Bandung

MOMSMONEY.ID - Ajang lari di tanah air kian ramai digelar. Tak heran jika semakin banyak masyarakat yang mengusung gaya hidup sehat dalam berolahraga lari. Mendukung aktivitas tersebut, POCARI Sweat Run kembali digelar.

Penyelenggaraan yang dilaksanakan di Bandung pada 20 sampai 21 Juli 2024 ini didukung penuh oleh tiga kementerian sekaligus. Yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Kesehatan.

POCARI Sweat Run yang sudah berlangsung selama 11 tahun ini juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung

Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka melihat bahwa animo masyarakat yang mengikuti POCARI Sweat Run setiap tahunnya semakin tinggi.

"Kami bersyukur setiap tahun peminatnya terus bertambah. Tahun lalu, kurang dari satu jam sebanyak 15 ribu slot lari habis terjual. Tahun ini targetnya 30.000," ujar Wina dalam konferensi pers POCARI Sweat Run 2024 di Jakarta, Minggu (26/5).

Wina berharap pagelaran POCARI Sweat Run 2024 mampu terselenggara dengan baik dan tentunya mendukung gaya hidup sehat masyarakat. Pasalnya, untuk acara POCARI Sweat Run yang, Wina mencatat semakin banyak pelari baru yang ikut ajang lari tersebut.

Baca Juga: 5 Film Tentang Lari Maraton Ini Bisa Tambah Motivasi Lari Lo

"Hampir 40% pelari baru, dan secara demografi pelari usia muda," katanya.

Untuk itu, Wina menyebut penguatan ekosistem #saferunning demi menciptakan pengalaman berlari yang aman dan nyaman selalu menjadi prioritas POCARI SWEAT.

Ekosistem #saferunning adalah segala hal yang berkaitan dengan cara berlari yang aman dan terkait dengan keselamatan pelari, mulai dari materi edukasi, penyediaan hidrasi yang diperlukan sejak persiapan latihan lari, ketika berlari, hingga setelah berlari.

Maria Endang Sumiwi, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, menambahkan edukasi #saferunning menjadi prioritas untuk selalu diingatkan kepada pelari.

Tidak hanya soal kesiapan fisik melalui latihan, menjaga hidrasi, fasilitas medis yang membantu menjaga keselamatan pelari, tapi juga harus bisa mengukur kekuatan diri sendiri.

"Kami berterima kasih kepada POCARI SWEAT yang sudah membuat tren berlari semakin besar di Indonesia," bebernya.

Baca Juga: Rangkaian LPS Monas Half Marathon, LPS Gelar Run The City di 4 Kota

Data Kementerian Kesehatan menunjukkan hanya 25% penduduk Indonesia yang aktif berolahraga. Untuk lebih meningkatkan jumlah tersebut, maka dengan ajang lari yang digelar, dan salah satu anggota keluarga berolahraga maka akan berdampak baik.

"Efeknya berlipat ganda karena akan merembet pada kebiasaan makan bergizi dan keinginan menjaga kesehatan, dan kebiasaan-kebiasaan ini akan diikuti anggota keluarga lainnya," ujar Maria.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan, target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang ditetapkan oleh Bapak Presiden Jokowi adalah dengan menghasilkan total 1,5 miliar pergerakan wisatawan.

"Pilar Sport Tourism diharapkan menjadi lokomotif programnya. Dan POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 tentunya punya peranan untuk membantu potensi Sport Tourism yang nilai ekonominya bisa mencapai Rp 19 triliun," imbuh Sandiaga.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin juga menyampaikan apresiasinya. "Kami harap, kegiatan POCARI SWEAT Run Indonesia kedepannya bisa menjadi ajang selebrasi warga Bandung, dan membuka daerah wisata lainnya di Jawa Barat," kata Bey.

Registrasi POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 virtual masih akan terus dibuka hingga 15 Juli 2024. Bagi anda yang ingin mengikut ajang POCARI SWEAT Run Indonesia 2024 bisa mengetahui informasinya di instagram @pocarisportid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News