Bugar

Rangkaian LPS Monas Half Marathon, LPS Gelar Run The City di 4 Kota

Rangkaian LPS Monas Half Marathon, LPS Gelar Run The City di 4 Kota

MOMSMONEY.ID - Sebagai rangkaian event lari LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar Run the City di empat kota besar Tanah Air.

Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi tuan rumah kedua untuk penyelenggaraan Run The City pada Minggu (19/5). Run The City Makassar diikuti sebanyak 1.000 pelari menempuh jarak 5,2 kilometer.

Hadir dalam pelepasan pelari (flag off) antara lain Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Kepala Kantor Program Persiapan PRP dan Hubungan Lembaga LPS Hermawan Setyo Wibowo, dan Angoota Badan Supervisi LPS Andi Timo Pangerang.

Rute Run The City Makassar menempuh sejumlah jalan utama Kota Makassar, antara lain Jl. Boulevard Central Point of Indonesia, Jl. Metro Tanjung Bunga, melewati Tugu Ikan, berputar di Patung Kuda, sebelum kembali ke Taman Tugu Komodo.

Sepanjang rute yang dilalui, peserta juga menikmati suasana pagi Kota Makassar berlatar Pantai Losari dengan sejumlah landmark antara lain Tugu Globe Central Point of Indonesia (CPI), Tugu Ikan CPI, Patung Kuda CPI, dan Masjid Seribu Kubah.

Baca Juga: LPS Gelar Kompetisi Musik Bertajuk LPS Music

Di sepanjang rute Run The City Makassar juga ada beberapa titik cheering untuk menyemangati pelari. 

Usai berlari, para peserta juga menikmati beragam aktivitas di race village di Taman Tugu Komodo. Race village Run The City Makassar dibuat dengan konsep festival untuk menyambut pelari yang baru selesai berlari.

Selain acara di panggung utama, terdapat juga area kuliner, area permainan, dan area foto. Terdapat pula live grafitti sebagai background foto yang menarik yang berkolaborasi dengan seniman lokal.

Pada gelaran Run The City Makassar juga diberikan medali bagi pelari yang berhasil finish. Medali Run The City dari 4 kota (Medan, Makassar, Surabaya, dan Jakarta) menjadi collectible item yang bisa dikumpulkan pelari. Medali ini bisa digabung menjadi satu kesatuan.

Hermawan mengatakan, Run The City Makassar merupakan salah satu bentuk sosialisasi LPS kepada masyarakat. Sosialisasi ini agar masyarakat semakin paham fungsi LPS.

Baca Juga: LPS Monas Half Marathon 2024, Tawarkan Pengalaman Berlari yang Baru

Sehingga, masyarakat tidak ragu lagi menabung di bank, karena ada LPS yang siap menjamin simpanan jika bank dicabut izin usahanya. 

"Dalam waktu singkat, slot pendaftaran RTC Makassar langsung diborong warga Makassar. Tahun depan kami akan tambah kuota peserta dan kategori lomba larinya agar semakin banyak warga Makassar yang dapat menikmati kegiatan ini," ujar Hermawan dalam keterangan tertulis, Jumat (24/5).

Wakil Redaktur Pelaksana Harian Kompas A. Tommy Trinugroho menjelaskan, Run The City merupakan program turunan dari LPS Monas Half Marathon. Tahun ini, diadakan di empat kota di Indonesia: Medan, Makassar, Surabaya, dan Jakarta.

Empat kota ini dipilih berdasarkan banyaknya persebaran pelari di Indonesia dengan tujuan memperkenalkan LPS Monas Half Marathon kepada pelari di Indonesia.

Berikutnya, Run the City akan menyambangi Kota Surabaya di Jawa Timur, yang merupakan kota terakhir sebelum puncaknya pada penyelenggaraan LPS Monas Half Marathon 2024 di Jakarta.

Selanjutnya: Rotasi Bursa: 10 Saham Naik ke Papan Utama, 109 Saham Turun ke Papan Pengembangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News