Keluarga

Peringkat 1-5, Inilah Jenis Kacang Paling Menyehatkan Tubuh

Peringkat 1-5, Inilah Jenis Kacang Paling Menyehatkan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kacang sudah dikenal lama sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan. Meski sama sama menyehatkan, tetapi berbeda jenis kacang berbeda pula kandungan gizinya.

Diurutkan dari peringkat pertama hingga terakhir, berikut jenis kacang paling menyehatkan yang dilansir dari BBC Good Food, Boston, dan Women’s Health Mag, selengkapnya.

#1 Almond

Almond hadir sebagai jenis kacang yang paling menyehatkan dibandingkan kacang lainnya. Almond mengandung kalori sebesar 164 kcal & lemak total hanya 14,2 gram saja.

Baca Juga: 5 Sayuran Murah yang Ampuh Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes, Konsumsi Rutin!

Almond vs Kacang Tanah

Almond kaya akan berbagai jenis nutrisi termasuk serat, riboflavin, dan magnesium. Mengonsumsi 1 ons almond sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan harian Vitamin E.

Almond juga cocok dan aman bagi mereka yang mengidap alergi kacang ataupun produk susu.

Baca Juga: Perbedaan Ubi vs Kentang, Manakah yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

#2 Brazil nuts

Brazil nuts atau kacang Brasil menempati urutan kedua jenis kacang paling menyehatkan di dunia. Kacang ini termasuk makanan alami yang kaya akan selenium.

Selenium adalah salah satu jenis mineral yang bertindak sebagai antioksidan pelindung, mendukung kekebalan tubuh dan membantu menyembuhkan luka.

Brazil nuts juga mengandung vitamin E, polifenol ellagic, dan asam galat yang dapat mengatur lipid darah serta meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

#3 Kacang Mede

“Kacang mede mengandung zat besi lebih tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya,” ucap seorang dietisien Reader Digest, Kelly R. Jones.

Kacang mede

Baca Juga: 4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

Orang-orang yang mengalami anemia/darah rendah wajib mengonsumsi jenis kacang ini ke dalam makanan sehari-hari.

Per 1 ons kacang mede mengandung 160 kalori, 12 gram lemak, 9 gram karbohidrat, 1 gram gula, 2 gram serat, dan 5 gram protein.

#4 Hazelnut

Hazelnut menempati urutan keempat di antara jenis kacang paling menyehatkan di dunia. Hazelnut ini memberikan dosis antioksidan dalam jumlah tinggi, terutama senyawa fenolik.

Senyawa fenolik dapat mengurangi peradangan dan kolesterol, dan bahkan dapat melindungi tubuh dari kanker. Senyawa ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Penderita Diabetes Harus Tahu, Ini 5 Kebiasaan Sarapan untuk Menurunkan Gula Darah

#5 Kacang tanah

Meski secara teknis kacang tanah digolongkan ke dalam jenis legum (polong-polongan) dan bukan nut (biji yang keras/kacang), namun tak bisa dipungkiri bahwa kacang tanah masuk ke dalam jenis biji-bijian yang menyehatkan.

Kacang tanah cenderung memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis legum lainnya seperti lenting & kacang polong. Persentasenya sebesar 22-30% dari kandungan kalorinya.

Kacang ini juga mengandung biotin dalam jumlah tinggi yang mana fungsinya untuk menebalkan rambut, memperhalus kulit.

Itulah 5 besar jenis kacang paling menyehatkan di dunia yang bagus untuk berbagai fungsi otak dan tubuh. Jangan lupa makan kacang untuk hari ini!

Selanjutnya: Indonesia AirAsia Buka Rute Denpasar, Bali - Bandar Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News