Bugar

Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik yang Sering Terabaikan

Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik yang Sering Terabaikan

MOMSMONEY.ID - Jarang disadari, rupanya bergini ciri-ciri kolesterol naik yang perlu Anda ketahui!

Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang sering kali tidak menimbulkan gejala jelas pada tahap awal, sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol dalam tubuh mereka sudah melebihi batas normal.

Padahal, kolesterol yang tinggi dapat menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri kolesterol naik agar bisa segera mengambil tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat. Menyadur dari laman Halodoc dan Hello Sehat, di bawah ini adalah cirinya:

1. Nyeri Dada

Nyeri dada bisa menjadi tanda kolesterol naik dan sebaiknya jangan diabaikan. Penumpukan plak kolesterol di pembuluh darah jantung dapat menyebabkan nyeri dada, yang bisa menjadi pertanda awal penyakit jantung atau bahkan serangan jantung akibat komplikasi dari kolesterol tinggi.

Baca Juga: Gula Darah Normal Laki-Laki Berapa ya? Yuk, Intip Jawabannya di Sini

2. Leher Terasa Pegal

Kolesterol yang meningkat dapat menyebabkan penyumbatan di beberapa pembuluh darah, yang memengaruhi sirkulasi darah ke kepala. Hal ini bisa menimbulkan keluhan seperti rasa pegal atau nyeri di punggung dan leher.

3. Sesak Napas

Jika sering mengalami sesak napas, ini bisa menjadi ciri-ciri kolesterol naik. Hal ini terjadi ketika kolesterol jahat (LDL) menumpuk di arteri kecil di jantung, sehingga membuatnya menyempit dan kaku. Akibatnya, aliran darah terganggu serta membuat orang mudah lelah dan merasa sesak napas.

4. Nyeri Kaki

Nyeri kaki yang berkelanjutan juga bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Penumpukan plak di arteri kaki dapat menyebabkan nyeri, terutama ketika berjalan atau beraktivitas. Jika nyeri kaki berlangsung terus-menerus, sebaiknya periksa kadar kolesterol.

5. Mati Rasa di Kaki

Kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan mati rasa di kaki. Penumpukan plak dalam arteri menghambat aliran darah kaya oksigen ke lengan dan kaki, yang menimbulkan sensasi mati rasa atau kesemutan. Gejala lain termasuk kaki dingin, luka yang sulit sembuh, dan kram.

Baca Juga: Menilik Khasiat Susu Kedelai untuk Diet Menurunkan Berat Badan

6. Kuku Berwarna Kekuningan

Penumpukan plak di arteri dapat mengurangi aliran darah ke kuku, yang menyebabkan garis-garis gelap di bawah kuku, searah dengan pertumbuhannya.

7. Gampang Lelah
Rasa lelah yang berlebihan bisa menjadi tanda kolesterol tinggi. Penumpukan kolesterol di arteri mengurangi aliran darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika organ dan otot kekurangan oksigen, tubuh harus bekerja lebih keras, menyebabkan rasa lelah meskipun tidak melakukan aktivitas berat.

8. Sakit pada Rahang

Sakit di rahang bisa menjadi gejala serangan jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena aliran darah ke jantung terhambat, sehingga memicu rasa sakit di rahang dan biasanya disertai dengan nyeri dada, sesak napas, dan tekanan di dada.

9. Xanthoma

Xanthoma adalah benjolan kecil berwarna kekuningan yang muncul di bawah kulit akibat penumpukan lemak. Benjolan ini bisa muncul di mana saja, seperti kaki, tangan, bokong, sekitar mata, atau persendian seperti siku dan lutut.

Xanthoma biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi dapat terasa gatal saat disentuh. Ukurannya bervariasi, dari yang kecil hingga cukup besar.

10. Arcus Senilis

Arcus senilis, atau arkus kornea, adalah tanda kolesterol tinggi yang terlihat pada mata. Kondisi ini ditandai dengan cincin putih, abu-abu muda, atau biru di sekitar kornea mata.

Meskipun sering terjadi pada orang lanjut usia, jika muncul sebelum usia 45 tahun, itu bisa menjadi tanda kolesterol tinggi atau trigliserida tinggi yang diwariskan (familial hyperlipidemia).

Baca Juga: Kalori Mie Instan Goreng, Amankah untuk Diet?

11. Disfungsi Ereksi

Pada pria, kolesterol tinggi dapat menyebabkan disfungsi ereksi karena penumpukan plak menghalangi aliran darah ke penis.

Semakin tinggi kadar kolesterol LDL, semakin besar risiko mengalami masalah ereksi. Kolesterol tinggi juga menghambat produksi oksida nitrit, zat kimia yang diperlukan untuk ereksi.

Itulah ciri-ciri kolesterol naik yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Naik pada Malam Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News