MOMSMONEY.ID - Industri fesyen selalu bergerak secara dinamis dan epat, ditandai dengan munculnya koleksi baru pada setiap musim. Terus berinovasi memanfaatkan teknologi terkini menjadi salah satu kunci agar brand kecantikan dan fesyen dapat mengembangkan bisnis dan tidak tertinggal dengan persaingan yang ada.
Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi AI (artificial intelligence) dan AR (augmented reality) untuk memberi layanan personal bagi konsumen dan meningkatkan pengalaman mereka dalam berbelanja secara daring.
Pemanfaatan teknologi AI di dunia fesyen sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, tapi pemanfaatan AI generatif yang muncul beberapa tahun terakhir baru mulai dilakukan oleh industri fesyen. Walau baru dimulai, tapi berbagai pihak memprediksi bahwa pemanfaat AI generatif akan membantu mendorong perkembangan segala aspek bisnis secara signifikan.
Salah satunya adalah McKinsey & Company yang hasil analisisnya pada 2023 menyebutkan bahwa dalam waktu 3 tahun-5 tahun ke depan, AI generatif dapat menambah US$ 150 miliar - US$ 275 miliar sebagai laba operasional sektor busana, fesyen, dan barang-barang mewah.
Selain itu, laporan The State of Fashion 2024 yang dirilis oleh Business of Fashion (BoF) dan McKinsey juga menyebutkan bahwa industri fesyen akan lebih serius mengeksplorasi potensi AI generatif. Bahkan 73% dari pelaku bisnis menyebutkan bahwa AI generatif akan menjadi prioritas mereka untuk mengembangkan bisnis pada 2024.
Keseriusan dalam memanfaatkan teknologi AI tidak lepas dari meningkatnya jumlah konsumen yang memilih untuk berbelanja produk-produk fesyen secara daring, mulai dari busana, tas, sepatu, hingga aksesori. Namun pilihan ini memiliki beberapa kendala dan tantangan, di antaranya adalah standarisasi ukuran produk yang masih tidak konsisten, bentuk dan ukuran tubuh konsumen yang beragam, serta rumitnya proses berbelanja secara daring tanpa disediakan bantuan.
Baca Juga: Promo Sociolla Road to 9.9, Moisturizer-Sunscreen Diskon hingga 50%
Membantu menjawab tantangan ini, Perfect Corp. sebagai perusahaan terkemuka yang menyediakan solusi berteknologi AI dan AR untuk kecantikan dan fesyen, telah mengembangkan berbagai inovasi untuk membantu brand perhiasan, jam tangan, make up, dan kacamata dalam memberi layanan personal bagi konsumen.
Nah, inovasi-inovasi yang memanfaatkan teknologi AI metode machine learning ini dapat membantu konsumen mendapatkan kepuasan dari proses berbelanja produk fesyen, sehingga tercipta loyalitas dan penjualan produk yang meningkat.
Setelah bentuk wajahnya ditentukan, selanjutnya konsumen akan mendapatkan rekomendasi frame kacamata yang paling sesuai dengan bentuk dan proporsi wajahnya. Menggunakan AR virtual try-on pada device masing-masing, konsumen dapat melihat tampilan wajahnya saat mengenakan kacamata tersebut, bahkan melakukan mix & match antara bentuk frame yang direkomendasikan dan warna lensa kacamata yang tersedia.
Selain kedua solusi di atas, Perfect Corp juga baru saya menghadirkan all-new PerfectGPT, perangkat AI-powered Advisor yang memudahkan perjalanan konsumen dalam pencarian produk kecantikan dan fesyen dengan menjawab kebutuhan mereka dan keinginan mereka pada saat itu.
Berdasarkan hasil keinginan konsumen dan bentuk fisik yang unik dari masing-masing konsumen, PerfectGPT dapat memberi rekomendasi produk yang paling sesuai untuk konsumen, bahkan dapat memberi tutorial merias wajah menggunakan produk-produk tersebut. Layanan ini tersedia 24 jam per hari hanya dalam satu genggaman dalam smartphone.
Baca Juga: Promo Facial Wajah Diskon 50% bagi yang Ulang Tahun di Bulan September 2024
Penggunaan alat ini dapat membantu brand dan peretail perhiasan, kacamata, dan make up untuk memberi layanan personal serta pengalaman berbelanja daring yang realistis bagi konsumen. Diikuti dengan penggunaan virtual try-on, konsumen menjadi semakin mudah untuk memilih produk yang paling sesuai dan meningkatkan rasa percaya diri dengan produk yang ia beli. Pada akhirnya, pemanfaatan teknologi AI dan AR ini dapat membantu meningkatkan penjualan produk dan mengurangi potensi produk dikembalikan oleh konsumen.
Alice Chang, CEO dan Founder Perfect Corp mengatakan, Perfect Corp terus berusaha mewujudkan komitmen kami dalam menyediakan teknologi canggih yang memberdayakan brand dan peritel di industri kecantikan dan fesyen, agar mereka dapat memberi pengalaman berbelanja yang imersif dan memuaskan. Solusi berteknologi AI dan AR berupa Virtual bracelet sizer dan Face shape detector akan membantu meningkatkan kemampuan brand dan peritel dalam merekomendasikan produk fesyen yang tepat, meningkatkan pengalaman berbelanja, dan mendorong kesuksesan bisnis.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News