Santai

Perbandingan Samsung Galaxy S24 vs Apple iPhone 15, Mana yang Terbaik?

Perbandingan Samsung Galaxy S24 vs Apple iPhone 15, Mana yang Terbaik?

MOMSMONEY.ID - Acara Samsung Unpacked 2024 merilis Samsung Galaxy S24, Samsung Galaxy S24 Plus dan Samsung Galaxy S24 Ultra. Hal ini menjadikan beberapa orang membandingkan Samsung Galaxy S24 dengan Apple iPhone 15. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai Samsung Galaxy S24 vs Apple iPhone 15. 

Mengutip Stuff TV, berikut ini terdapat beberapa perbandingan Samsung Galaxy S24 vs Apple iPhone 15 berdasarkan desain, kinerja baterai, software dan lain sebagainya.

Baca Juga: Sering Diadu, Cek Perbandingan Samsung Galaxy A54 5G dan iPhone 11

Tampilan atau Desain

Segalanya terlihat cukup familiar di Samsung dibandingkan dengan Galaxy S23 tahun lalu . Namun ada satu perubahan penting yang sulit Anda abaikan – dan itu adalah tepian datar. 

Meskipun Galaxy S23 memiliki tepi membulat di keempat sisi bingkai handset, S24 meratakannya sepenuhnya untuk memberikan kesan lebih kotak. Ini lucu, karena Apple melakukan hal sebaliknya dengan jajaran iPhone 15 (setidaknya di versi Pro ), membulatkan sisinya yang rata. 

Samsung Galaxy S24 Ultra

IPhone 15 masih mempertahankan sisi datarnya, seperti yang dilakukan iPhone dasar selama bertahun-tahun.

Meskipun Galaxy S24 tidak mendapatkan perlakuan titanium yang sama seperti saudaranya Galaxy S24 Ultra yang lebih mahal, Galaxy S24 menggunakan rangka 'armor aluminium' baru yang dimaksudkan agar lebih tahan lama. 

Smartphone ini masih dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 2 di bagian depan dan belakang, yang diharapkan tetap memberikan perlindungan terhadap goresan, goresan, dan terjatuh sesekali

Perangkat ini juga tahan debu dan air IP68, sehingga aman dari tenggelam yang tidak disengaja. Galaxy S24 sebagian besar akan tersedia dalam warna pastel yang terdiri dari Amber Yellow, Cobalt Violet, Marble Grey, dan Onyx Black (dengan beberapa warna tersedia secara eksklusif di toko web Samsung).

Samsung Galaxy S24 juga berhasil meningkatkan taruhannya dalam hal tampilan. Dengan beberapa bezel tertipis yang hadir, Samsung telah berhasil menjejalkan tambahan 0,1 inci ke dalam area yang pada dasarnya sama. Galaxy S24 hadir dengan panel resolusi FHD+ untuk layar 6,2 inci. 

Baca Juga: Perbandingan Harga Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max

Ini mengemas kecepatan refresh adaptif LTPO baru, memungkinkan ponsel cerdas beralih antara 1-120Hz untuk efisiensi baterai maksimum, terutama saat melihat gambar statis. 

Kecerahan puncak untuk perangkat baru ini juga meningkat dari 1750 nits pada kisaran S23, menjadi 2600 nits. Itu akan melebihi sinar matahari pada hari yang sangat cerah.

Layar Apple 6,1 inci tidak sebaik Galaxy S24. Ini adalah layar 2556×1179 dengan kerapatan piksel 460ppi. Namun, iPhone 15 hadir hanya dengan kecepatan refresh 60Hz dan tidak ada tampilan selalu aktif. IPhone 15 juga hanya mencapai puncak 2000 nit, yang masih dapat digunakan dengan sempurna di luar ruangan dengan sinar matahari yang terik.

Kinerja, Baterai dan Perangkat Lunak 

Dari segi perangkat lunak, Galaxy S24 hadir menjalankan  Android 14  dengan Samsung One UI di atasnya. 

Kali ini, Samsung telah menambahkan sejumlah fitur AI yang belum kami uji secara menyeluruh. Ini mencakup hal-hal seperti Circle to Search (yang memungkinkan Anda melingkari objek apa pun di layar untuk memulai pencarian web), bersama dengan pengenalan ucapan yang dipercepat AI untuk akurasi transkripsi yang mengesankan. 

Sayangnya tidak ada yang benar-benar inovatif di sini, mengingat betapa kerasnya Samsung mendorong AI dalam pemasarannya, namun ini bisa menjadi beberapa fitur berguna untuk kenyamanan.

Penggemar baterai akan senang mendengar bahwa sel Galaxy S24 menjadi lebih besar tahun ini, melonjak hingga 4000mAh. Ia menawarkan kecepatan pengisian daya yang sama seperti S23, dengan pengisian daya kabel 25W dan nirkabel 15W. 

Baca Juga: Samsung S24 Ultra vs Samsung S23 Ultra, Mana yang Lebih Baik di Tahun 2024?

Ini adalah serangkaian nomor pengisian daya dari Samsung yang agak mengecewakan. Penawaran S24 Ultra menawarkan pengisian daya kabel/nirkabel 45W/15W, dengan banyak produsen lain yang unggul dengan kecepatan 65W-100W+.

Dengan iPhone 15, Anda akan langsung mendapatkan iOS 17. iOS 17  sangat ramping, dengan konsistensi visual pada widget layar beranda yang hanya dapat diimpikan oleh penggemar Android. Sebenarnya tidak ada fitur AI apa pun di sini, kecuali  fitur aksesibilitas  yang dapat menciptakan kembali suara Anda (dan sebenarnya cukup mengesankan). Namun jika Anda menyukai kecerdasan buatan, iPhone tidak menawarkan banyak hal.

Kamera

Galaxy S24 dilengkapi kamera utama 50MP, telefoto 10MP, dan lensa ultrawide 12MP. Modul utama mempertahankan lensa aperture f/1.8, teknologi autofokus piksel ganda, dan stabilisasi gambar optik, sedangkan telefoto zoom optik 3x maksimal pada f/2.4, dengan PDAF dan OIS.

Tongkat ultrawide dengan kaca f/2.2. Dalam hal pemrosesan, ada pembaruan algoritme dan pemrosesan HDR ujung ke ujung, selain pratinjau langsung di aplikasi kamera dan galeri, yang semuanya merupakan peningkatan yang bagus untuk dimiliki.

Mungkin yang lebih menarik adalah trik AI generatif baru yang dimasukkan ke dalam pengalaman kamera. Mirip dengan fitur yang terdapat di Google Pixel 8 Pro , Anda akan dapat memilih objek dan menghapusnya, atau bahkan menggantinya. 

Baca Juga: Samsung Mulai Pre Order Seri Galaxy S-24 dengan Fitur AI, Ada Tawaran Cashback

Misalnya saja, cangkir kopi yang tertinggal di dalam gelas dapat terhapus seluruhnya dari keberadaannya, atau dapat diubah menjadi objek yang lebih menarik secara visual, seperti lilin.

Pada akhirnya, sebagian besar kinerja kamera bergantung pada pemrosesan gambar di belakang layar di sini. Kedua handset menawarkan perangkat keras serupa, namun prosesnya sangat bervariasi. Apple dan Samsung memiliki gaya fotografi yang berbeda, jadi pantau terus ulasan lengkap Galaxy S24 kami untuk melihat kinerja kameranya.

Nah itulah informasi mengenai perbandingan Samsung Galaxy S24 vs Apple iPhone 15. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News