Santai

Perangkat yang Dapat Fitur Apple Intelligence di iOS 18, Apa Saja?

Perangkat yang Dapat Fitur Apple Intelligence di iOS 18, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Ada hal baru yang diumumkan oleh Apple pada pengumuman iOS 18. Salah satunya fitur Apple Intelligence yang merupakan AI milik Apple.

Berbeda dengan Samsung yang menawarkan fitur Galaxy AI pada perangkat lama, Apple mengambil pendekatan berbeda dengan membatasi Apple Intelligence pada model yang lebih baru.

Tidak semua iPhone dan perangkat Apple lain bisa mendapatkan fitur Apple Intelligence. Meski demikian, Apple Intelligence hadir di semua perangkat Apple populer seperti iPhone, iPad, dan Mac.

Baca Juga: Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Tidak Semua Dapat Fitur AI Apple Intelligence

Pengembang akan mencobanya terlebih dahulu dan beta publik akan tiba pada bulan Juli sebelum peluncuran resmi pada bulan September. Namun, fitur AI akan hadir akhir tahun ini dan belum tersedia dalam versi beta.

Yang penting, tidak semua perangkat dapat menjalankan fitur Apple Intelligence. Menurut Apple, hanya perangkat dengan chipset A17 Pro yang kuat dan chip silikon Apple (seri M) yang akan mendukung Apple Intelligence.

Mengutip Techwiser, berikut ini perangkat yang dapat fitur Apple Intelligence. 

iPhone

- iPhone 15 Pro

- iPhone 15 Pro Max

iPad (Model Silikon Apple Apa Pun)

ipad pro 2020

- iPad Air (M1 dan lebih baru)

- iPad Pro (M1 dan lebih baru)

Baca Juga: Fitur Restrict Instagram Artinya Apa? Ini Penjelasan dan 3 Hal Penting

Mac (Model Silikon Apple Apa Pun)

- MacBook Air (M1 dan lebih baru)

- MacBook Pro (M1 dan lebih baru)

- iMac (M1 dan lebih baru)

- Mac Mini (M1 dan lebih baru)

- Mac Studio (M1 Max dan lebih baru)

- Mac Pro (M2 Ultra)

Perangkat di atas memiliki chip mesin saraf sebagai bagian dari tumpukan prosesor dan daya komputasi yang diperlukan untuk pemrosesan Apple Intelligence pada perangkat.

Fitur Apple Intelligence memerlukan kekuatan pemrosesan yang signifikan, yang tidak dimiliki perangkat lama. Banyak iPhone, termasuk iPhone 15/15 Plus, iPhone 14, iPhone 13, dan model lama, tidak dapat menjalankannya. 

Selain itu, iPad yang dilengkapi chip seri A serta Mac dan MacBook lama berbasis Intel juga akan kehilangan fitur Apple Intelligence.

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur StandBy Mode iOS 17 bagi Pengguna iPhone

Bahkan pada perangkat baru yang dilengkapi untuk menangani Apple Intelligence, tugas-tugas yang memerlukan daya komputasi lebih besar akan dipindahkan ke server Apple, sehingga memastikan pengalaman yang lancar.

Salah satu pertanyaan terbesar tentang Apple Intelligence adalah apakah itu gratis atau tidak. 

Berbeda dengan Samsung Galaxy AI yang kabarnya gratis hanya hingga akhir tahun 2025, Apple Intelligence sepenuhnya gratis untuk semua model iPhone, iPad, dan Mac yang didukung. 

Tidak ada biaya berlangganan atau biaya tersembunyi. Namun, Apple Intelligence pada awalnya hanya akan tersedia dalam bahasa Inggris AS. 

Ini berarti Anda harus mengatur Siri dan bahasa perangkat Anda ke Bahasa Inggris AS untuk mengakses fitur AI. Apple menyatakan bahwa beberapa fitur, platform perangkat lunak, dan bahasa tambahan akan ditambahkan selama tahun depan.

Jadi, meskipun Apple Intelligence gratis, ia memiliki batasan bahasa. Nantikan pembaruan di masa mendatang yang akan menghadirkan lebih banyak fitur dan dukungan bahasa.

Nah itulah informasi mengenai perangkat yang dapat fitur Apple Intellegence di iOS 18. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News