Santai

Penyebab Kucing Muntah Cairan Bening Secara Mendadak

Penyebab Kucing Muntah Cairan Bening Secara Mendadak

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda kenapa kucing muntah cairan bening secara mendadak? Ada beberapa penyebab kenapa kucing muntah cairan bening. 

Muntahan jenis apapun pada kucing perlu dikhawatirkan, tetapi pemilik kucing pasti bingung kenapa kucing muntah cairan bening. 

Ada banyak penyebab muntahan cairan bening, tetapi jika muntahan berlangsung lebih dari 24 jam atau disertai gejala lain, penting untuk mencari saran dokter hewan.

Baca Juga: Berapa Kali Harus Memandikan Kucing dalam Satu Bulan? Simak Penjelasannya

Kucing yang memuntahkan cairan bening mungkin disebabkan oleh terlalu banyak minum air, sesuatu yang akan segera sembuh. 

Mengutip Animal Wised, berikut ini penyebab kucing muntah cairan bening secara mendadak.

1. Minum Terlalu Banyak Air 

Kucing domestik dikenal tidak banyak minum air. Bahkan jika kita melihat kucing menjilati air dari mangkuknya dalam waktu lama, mereka mungkin hanya menelan beberapa tetes air setiap kali menjulurkan lidah. 

Selama periode tertentu, kucing mungkin ingin minum lebih banyak air dari biasanya. Mungkin mereka kepanasan atau sedang memulihkan diri dari penyakit yang membuat mereka dehidrasi. 

Dalam kasus seperti itu, kucing mungkin minum lebih banyak air dari biasanya. Kucing mungkin minum begitu banyak hingga memuntahkannya nanti. Jika perut mereka kosong, muntahannya akan berupa cairan bening yang sebagian besar terdiri dari air.

2. Perut Kosong

Kucing

Baca Juga: Daftar Bunga yang Beracun untuk Kucing Peliharaan di Sekitar Rumah

Tidak seperti anjing, kucing tidak suka makan banyak makanan sekaligus. Meskipun beberapa kucing mungkin berbeda, mereka umumnya lebih suka makan dalam porsi kecil yang dibagi menjadi beberapa waktu makan sepanjang hari. 

Karena alasan ini, kita harus selalu menyediakan makanan dalam mangkuk agar mereka dapat mengatur makanan mereka sendiri. Hal ini mungkin berbeda tergantung pada apakah Anda memberi mereka kibble kering, makanan basah, atau makanan buatan sendiri.

Akibat kebiasaan ini, kucing dapat memuntahkan cairan bening jika mereka tidak mendapatkan makanan dalam waktu yang cukup lama. Dalam hal ini, perut mereka kosong

3. Bola Rambut

Kucing adalah hewan yang sangat higienis dan akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merawat diri. Berkat papila yang berbentuk kait pada lidahnya, kucing dapat menyisir bulunya sendiri untuk memastikan kondisinya tetap terjaga dan menjaga kesehatannya. 

Seiring berjalannya waktu, bulu dapat terkumpul di dalam saluran pencernaan kucing. Bila ini terjadi, bola-bola bulu dapat terbentuk. Secara ilmiah dikenal sebagai trichobezoars, bola-bola bulu tidak dapat dicerna dan dapat menyebabkan kucing mengalami penyumbatan.

Meskipun penyumbatan usus pada kucing sangat serius, dalam kebanyakan kasus kucing akan memuntahkan bulu sebelum hal ini terjadi. Dalam kasus ini, Anda akan melihat kucing memuntahkan cairan bening, didahului atau diikuti oleh bulu.

4. Keracunan

Kucing adalah hewan yang sangat ingin tahu dan sering berinteraksi dengan lingkungannya melalui mulutnya. Meskipun kucing termasuk hewan yang pemilih dalam hal makanan, kita bisa terkejut dengan benda dan bahan yang mau ditelan kucing. 

Baca Juga: Rekomendasi Sayuran Cocok Ditanam di Pot pada Bulan September untuk Dipanen

Mereka mungkin memakan tanaman, plastik, atau bahkan bahan kimia. Banyak dari zat-zat ini dapat menyebabkan bahaya serius, yang mengakibatkan keracunan.

5. Parasit 

Parasit dapat bersifat eksternal atau internal, dengan cacing gelang (umumnya dikenal sebagai cacing) menjadi salah satu jenis parasit usus yang paling umum pada kucing. 

Cacing gelang dapat tertelan dan masuk ke sistem pencernaan, tetapi dapat juga diperoleh dari kutu atau rute lainnya.

Jika kucing memiliki parasit internal seperti cacing, biasanya akan terlihat bintik-bintik kecil berwarna keputihan di fesesnya. Bintik-bintik ini tampak seperti butiran beras. 

Ada juga kemungkinan kucing mengeluarkan cacing melalui muntahan. Dalam kasus ini, seluruh parasit biasanya akan hilang. Kita dapat mendeteksinya berkat bentuknya yang seperti cacing. Dalam kasus ini, kucing memuntahkan cairan bening yang juga mengandung parasit seperti cacing.

Nah itulah beberapa penyebab kucing muntah cairan secara mendadak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News