Santai

Rekomendasi Sayuran Cocok Ditanam di Pot pada Bulan September untuk Dipanen

Rekomendasi Sayuran Cocok Ditanam di Pot pada Bulan September untuk Dipanen

MOMSMONEY.ID - Pada bulan September, ada beberapa rekomendasi sayuran yang cocok ditanam di pot. Berikut ini rekomendasi sayuran cocok ditanam di pot pada bulan September yang bisa Anda tanam.

Sayuran cocok ditanam di pot pada bulan September berikut ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Ya, Anda bisa memanen sayuran tersebut. 

Lalu, apa saja rekomendasi sayuran cocok ditanam di pot? Berikut daftarnya:

Baca Juga: Daftar Bunga yang Beracun untuk Kucing Peliharaan di Sekitar Rumah

1. Bayam 

Kebiasaan pertumbuhan bayam yang kompak membuatnya cocok ditanam di pot, seperti kotak jendela dan bak. Anda juga dapat menanamnya di pot bonsai!

Sayuran ini tumbuh cepat dari biji, dan dalam waktu kurang dari 50 hari, sayuran berdaun ini siap dipanen dan Anda dapat terus memetik daun segarnya selama satu atau dua bulan jika Anda mengikuti metode potong dan tumbuh lagi yang sederhana.

Campur sabut kelapa atau gambut dengan vermikulit, kompos, dan tanah kebun yang disterilkan dalam jumlah yang sama untuk membuat campuran pot Anda sendiri, atau gunakan campuran biasa.

Bayam menyukai suhu dingin dan rasanya lebih enak di musim gugur, menjadikannya sayuran yang sempurna untuk kebun rumah Anda. 

2. Selada

Selada air

Apakah salad benar-benar salad tanpa selada? Sayuran berdaun ini tumbuh dengan baik dalam wadah sedalam 8 inci dan selebar mungkin, sehingga memberikan cukup ruang untuk menyebar. Karena sayuran ini mengandung 95% air, ia membutuhkan penyiraman yang konsisten agar tumbuh subur.

Selada tumbuh dengan cepat dan dapat siap dipanen dalam waktu 45 hingga 70 hari setelah ditanam.

3. Kangkung

Tanam kangkung dalam pot pada bulan September, dan Anda dapat menikmati makanan super yang bergelombang dan berdaun lebat ini sepanjang musim gugur dan musim dingin! 

Salah satu anggota keluarga brassica yang paling kuat, tanaman ini dapat mentolerir berbagai jenis tanah dan tumbuh subur di bawah sinar matahari dan tempat teduh, sehingga sangat cocok untuk teras atau balkon Anda.

Baca Juga: Resep Rahasia Pupuk Organik untuk Tanaman Hias Lebih Produktif dan Hidup

Tingginya bisa mencapai tiga kaki, meskipun varietas kerdil sangat cocok jika Anda kekurangan ruang. Anda dapat memanen daunnya selama beberapa bulan karena pemetikan rutin akan mendorong pertumbuhan baru.

4. Wortel

Wortel tumbuh subur di daerah dengan musim dingin yang ringan. Tanamlah wortel pada awal September untuk panen musim gugur. Sayuran yang mudah tumbuh ini dapat diperbanyak dari biji, dan dalam 60-80 hari, wortel siap untuk dimakan!

Sayuran ini membutuhkan wadah yang cukup dalam untuk menampung akarnya. Gunakan pot tanam kotak atau pot besar yang kedalamannya minimal 10-12 inci, dan isi dengan tanah liat yang ringan. 

5. Brokoli

Anggota brassica lain yang tahan cuaca dingin, Anda memerlukan wadah yang sedikit lebih besar agar kepala bunga hijau yang dapat dimakan dapat terbentuk sepenuhnya. 

Untuk satu tanaman, gunakan pot dengan lebar dan kedalaman 12 inci. Oleh karena itu, gunakan pot dua atau tiga kali lebih lebar jika Anda berencana menanam dua atau tiga tanaman lagi.

Tanam juga pot di tempat yang mendapat sinar matahari selama 6-8 jam setiap hari. Berikut cara menanamnya di pot. 

6. Kubis

Apa gunanya kebun dapur tanpa tanaman pokok klasik ini? Seperti brokoli, kubis tumbuh subur di pot, berkah bagi tukang kebun yang tidak punya banyak tempat! Namun, Anda perlu menanam setidaknya 2 tanaman per orang untuk menikmati panen kubis Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Orang Ketahui

Kubis Anda akan matang sepenuhnya dalam waktu setidaknya dua bulan sejak ditanam. Saat kepala kubis terbentuk sepenuhnya dan kokoh, Anda dapat memetiknya. 

7. Lobak

Lobak dibudidayakan untuk diambil akarnya, tetapi Anda juga bisa memasak daunnya seperti bayam, yang sangat lezat dan bergizi. Sayuran ini hadir dalam berbagai bentuk dan warna akar, termasuk merah, putih, dan bahkan hitam.

Lobak menyukai kesejukan musim gugur, yang memungkinkannya untuk bersiap tumbuh dengan cepat. 

Kemudian, dalam 3-5 minggu ke depan, sayuran Anda siap dipetik! Saat menanam dalam pot, ingatlah untuk mencari tempat yang paling banyak terkena sinar matahari dengan paparan sinar matahari minimal enam jam setiap hari.

Itulah beberapa sayuran cocok ditanam di pot pada bulan September ini. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News