Bugar

Inilah 4 Obat Herbal yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit, Apa Saja?

Inilah 4 Obat Herbal yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Menarik dicoba, inilah beberapa obat herbal yang bisa mengatasi masalah kulit. Ada banyak sekali masalah kulit yang bisa dialami oleh siapa pun, mulai dari jerawat, komedo luka bakar sampai kulit kepala gatal.

Selain menggunakan obat kimia atau bahan aktif skincare, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi masalah kulit. 

Jika Anda tertarik mencoba, berikut empat obat herbal untuk mengatasi masalah kulit dilansir dari herworld.co.id:

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Menggunakan Krim Malam Sebelum Tidur

1. Bawang putih untuk kurap

Bawang putih

Obat herbal pertama untuk mengatasi kurap adalah bawang putih. Bahan alami ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Bawang putih juga mengandung ajoene yang yaitu bahan kimia yang bersifat anti jamur.

Melihat kandungan yang ada pada bawang putih, terbukti bawang putih bisa menjadi obat alami yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi jamur kuku, kurap, dan lainnya.

2. Minyak pohon teh untuk jerawat

Obat herbal selanjutnya adalah minyak pohon teh untuk mengatasi jerawat. Jerawat menjadi masalah kulit yang sangat umum, remaja hingga dewasa dapat mengalaminya. Ternyata, masalah jerawat dapat diatasi menggunakan minyak pohon teh (tea tree oil).

Bahan alami ini terbukti dapat mengurangi lesi yang ditimbulkan jika digunakan rutin selama tiga bulan. Hal ini disebabkan minyak pohon teh memiliki sifat anti inflamasi.

Baca Juga: 4 Masalah Kesehatan Berikut Bisa Terjadi jika Ibu Hamil Berpuasa, Simak

3. Lidah buaya untuk luka bakar

Lidah buaya

Berikutnya, lidah buaya ampuh mengatasi luka bakar. Lidah buaya sudah sejak lama memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit. 

Ternyata lidah buaya juga ampuh menjadi obat herbal yang dapat menyembuhkan luka bakar. Lidah buaya berfungsi sebagai antibakteri, antimikroba, dan penyembuh luka. Lidah buaya mampu mengirangi rasa gatal, terbakar, luka kaki kronis, hingga radang dingin.

4. Cuka apel untuk kulit kepala gatal

Obat herbal lainnya adalah cuka apel yang bisa menghilangkan kulit kepala gatal. Cuka apel mengandung asam asetat yang bekerja sebagai desinfektan dan antiseptik.

Cara pemakaiannya mudah, kamu hanya perlu mencampurkannya dengan air, mengoleskan pada kulit kepala, lalu bilas dengan air hangat. Namun harus diingat, cuka apel tidak boleh digunakan saat ada luka terbuka karena akan menyebabkan sensasi terbakar.

Nah, itulah beberapa obat herbal yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari kurap, jerawat, luka bakar sampai kulit kepala yang gatal. Pastikan obat herbal yang Anda gunakan tidak memberikan efek iritasi ke kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News