Keluarga

Penting Disimak, Ini 7 Alasan Mengapa Wanita Harus Tetap Bekerja Setelah Menikah

Penting Disimak, Ini 7 Alasan Mengapa Wanita Harus Tetap Bekerja Setelah Menikah

MOMSMONEY.ID - Banyak wanita yang memutuskan untuk berhenti berkarir saat sudah berumah tangga. Namun jika Anda tengah dilanda kebingungan memutuskan apakah akan menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga, Anda wajib menyimak artikel yang berikut ini.

Tak ada salahnya untuk memilih apakah akan menjadi ibu rumah tangga, wanita karir, atau bahkan keduanya. Namun kebanyakan kasus, para wanita karir ini memulai jalannya menjadi ibu rumah tangga dengan diawali mengambil Cuti Hamil.

Namun, apakah memutuskan berhenti berkarir menjadi pilihan yang tepat untuk Anda? MomsMoney hadirkan sederet alasan mengapa wanita harus tetap bekerja setelah menikah yang bisa membantu Anda untuk memecahkan kebingungan. Simak artikelnya berikut ini.

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Agar hidup tidak bergantung pada suami

Dalam kehidupan rumah tangga, tidak boleh ada seorang pun yang menoleransi perselingkuhan maupun KDRT. Apalagi jika mempertahankan pernikahan hanya karena ia bergantung secara finansial kepada pasangannya.

Oleh karenanya, sangat penting bagi seorang wanita untuk memiliki kemandirian finansial agar tak diremehkan pasangan dan mampu bertahan hidup di saat-saat yang paling kritis.

Baca Juga: 6 Kategori KDRT atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang Jarang Disadari

Mencapai kebebasan finansial

Dalam rumah tangga, kebebasan finansial menjadi salah satu variable terpenting yang memperngaruhi kualitas & kuantitas kehidupan seorang wanita, dikutip dari Sheroes.

Kemandirian finansial ini nantinya yang akan menjadi aspek untuk mendapatkan kualitas hidup yang layak & rasa hormat dari suami kepada istri. Maka dari itu, wanita harus tetap bekerja setelah menikah.

Baca Juga: Wajib Jaga Sikap, Deretan Perilaku Buruk Ini Dapat Ditiru Anak dari Orang Tuanya

Tidak diremehkan pasangan

wanita karir

Kemandirian finansial dapat memberi Anda rasa hormat dari pasangan. Dengan bekerja, seorang perempuan jadi terlihat mampu untuk mengelola tanggung jawab serta berkontribusi terhadap kehidupan rumah tangga di masa depan.

Dengan bekerja, maka dapat saling menumbuhkan rasa hormat & menghargai, memperkuat ikatan antara istri dengan suami, dikutip dari Fakaza News.

Baca Juga: Apa Itu Revenge Porn? Kenali Juga Dampak dan Cara Mengatasinya di Sini

Hal berkontribusi dalam pengambilan keputusan penting

Salah satu alasan mengapa wanita harus tetap bekerja setelah menikah adalah supaya bisa berkontribusi dalam setiap pengambilan keputusan besar yang akan mempengaruhi keluarga.

Masukan finansial dari Anda akan memberi Anda suara yang kuat dalam hal-hal penting seperti keputusan menabung, pengeluaran bulanan, investasi, dana darurat, dan sebagainya untuk memastikan bahwa keputusan tersebut dibuat bersama-sama dan secara demokratis.

Mencegah keadaan darurat

Setiap keluarga wajib bersiap untuk menghadapi keadaan darurat seperti suami di PHK, ditipu, ataupun ada hal-hal lain yang dapat menggoncang ekonomi keluarga.

Jika suami merupakan satu-satunya pencari nafkah, dikutip dari Foundit India, maka semua kemungkinan darurat tersebut akan tetap besar dan bisa saja terjadi kapanpun tanpa adanya persiapan. Maka dari itu, penting juga seorang istri tetap bekerja meski telah menikah.

Baca Juga: 8 Tanda Bahwa Pasanganmu Seseorang yang Manipulatif, Berhati-hatilah!

Memenuhi kenaikan biaya hidup

Inflasi telah meningkat signifikan dalam beberapa dekade ke belakang di berbagai negara. Ini juga membuat semua biaya hidup meningkat, termasuk kebutuhan pokok, rumah, hingga biaya sekolah anak.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang wanita tetap bekerja setelah menikah agar dalam rumah tangga ada dua pendapatan yang bisa saling menutupi kebutuhan rumah.

Wanita yang bekerja juga dapat berkontribusi dalam pengeluaran harian rumah tangga yang tujuannya untuk membantu keluarga, jika itu memang kehendaknya.

Baca Juga: Hypnoparenting Bisa Membantu Anak Menjadi Pribadi yang Baik, Benarkah Begitu?

wanita karir

Agar menjadi teladan dan sosok inspirasi

Seorang wanita yang tetap bekerja setelah menikah akan menjadi sosok teladan dan inspirasi bagi bsesama wanita, terutama anak-anaknya.

Hal ini bisa mencerminkan bahwa bekerja setelah menikah membuat seorang wanita jadi terlihat lebih hebat, percaya diri, mandiri, dan kuat.

Itu dia sederet alasan mengapa wanita harus tetap bekerja setelah menikah yang ternyata sangat penting untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News