AturUang

Ini Tips Menghindari Penipuan di Kartu Kredit

Ini Tips Menghindari Penipuan di Kartu Kredit

MOMSMONEY.ID – Berikut ini Ini tips menghindari penipuan di kartu kredit yang bisa Anda lakukan.

Agar dapat terhindar dari penipuan perbankan, Anda harus paham bagaimana cara mengatasi penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Nah, meskipun oknum pelaku kejahatan makin sulit dibedakan, tetap ada cara supaya terhindar dari modus penipuan ini. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) memebrikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi modus penipuan blokir kartu kredit, berikut detailnya :

1. Jangan Panik

Informasi bahwa kartu kredit kamu dipakai oleh pihak lain, merupakan teknik social engineering. Korban akan dibikin panik dan khawatir sehingga dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk terus melakukan aksinya. Namun, cara mereka tidak akan berhasil jika kamu tetap tenang dalam menanggapi informasi yang diberikan oleh CS palsu tersebut.

2. Kenali Nomor Resmi Halo BCA

Langkah selanjutnya adalah cek nomor kontak atau akun yang digunakan oleh oknum kejahatan. Pelaku kejahatan cenderung menggunakan logo BCA untuk menjalankan modus kejahatannya.

Kenali nomor penting Halo BCA: Telepon 1500888, nomor WA Bank BCA 0811-1500-998. Selain itu, kalau nomornya gak jelas ya kasih NO! aja.

Baca Juga: Waspada Berikut Penipuan Mengatasnamakan Customer Service Bank

3. Tidak Mengeklik Link Apa Pun

Customer Service bank tidak pernah meminta data pribadi apapun kepada nasabahnya. Termasuk lewat link berupa form untuk mengisi data pribadi perbankan yang bersifat rahasia. Jika ada oknum yang memberikan link, abaikan saja dan jangan mengkliknya.

4. Lakukan Blokir Melalui Aplikasi Resmi BCA

Kamu bisa melakukan pemblokiran kartu kredit sendiri melalui aplikasi BCA mobile atau myBCA. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi Halo BCA 1500888 atau via aplikasi haloBCA untuk melakukan pemblokiran kartu kredit.

5. Selalu Menjaga Data Pribadi

Hal yang perlu dilakukan setiap saat adalah menjaga data pribadi yang berhubungan dengan rekening bank. Kamu tidak boleh memberikannya kepada orang lain, baik melalui telepon, email, atau form dari website apapun alasannya. Data pribadi kamu bisa disalahgunakan jika jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Itu dia cara terhindar dari modus penipuan yang meminta kamu untuk memblokir kartu kredit. Share info ini ke orang-orang ya biar sama-sama terlindung dari modus penipuan seperti ini.

Baca Juga: Berikut Ini Data Dalam dan Luar Negeri yang Dirilis, Bisa Pengaruhi IHSG Sepekan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News