Keluarga

Paspor Singapura & 6 Negara Ini Bebas Masuk ke 194 Negara tanpa Visa

Paspor Singapura & 6 Negara Ini Bebas Masuk ke 194 Negara tanpa Visa

MOMSMONEY.ID - Selain Singapura, ada 6 paspor terkuat saat ini yang bebas masuk ke 194 negara tanpa perlu mengurus visa!

Melansir Henley Global, Prancis, Jerman, Italia, Spanyol bersama dengan Jepang dan Singapura menjadi paspor terkuat di dunia. Penduduknya bisa mengunjungi 194 negara tujuan dari total 227 negara bebas visa. 

Macan Asia, Korea Selatan, bergabung dengan Finlandia dan Swedia di urutan kedua sebagai negara dengan akses bebas visa ke 193 negara tujuan. Sedangkan Austria, Denmark, Irlandia dan Belanda di peringkat tiga dengan akses bebas visa ke 192 negara tujuan. 

Baca Juga: Tak Bebas Visa ke Australia, Begini Syarat Ajukan Visa Liburan di Indonesia!

Dalam 19 tahun melakukan pemeringkatan paspor terkuat terlihat pola bahwa saat ini setiap warga negara semakin bebas mengunjungi negera lainnya tanpa visa. Namun di sisi lain, ada kesenjangan yang besar dari tiap negara yang terdaftar dalam pemeringkatan ini. 

Rata-rata destinasi wisata yang bisa diakses bebas visa telah naik dua kali lipat dari 58 negara di 2006 menjadi 111 negara di tahun 2024. Adapun di tahun 2024 ini negara dengan peringkat teratas mampu melakukan perjalanan ke 166 negara tujuan bebas visa. Sedangkan di peringkat terakhir, Afghanistan hanya bisa mengunjungi 28 negara tanpa visa. 

Adapun negara dengan paspor kuat yang memiliki akses bebas visa ke banyak negara didominasi oleh negara-negara Eropa. Adapun peringkat paspor Inggris naik dua peringkat ke nomor 4 dengan akses bebas visa ke 191 negara dibanding tahun lalu yang hanya bebas ke 188 negara. 

Australia dan Selandia Baru berada di peringkat 6 dengan bebas visa ke 189 negara tujuan. Sedangkan Amerika Serikat tetap berada di peringkat 7 dengan akses bebas visa ke 188 negara. 

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah & Rekomendasi Cuti di Februari 2024

Di sisi lain, Ukraina dan China jadi 5 negara dengan kenaikan peringkat terbanyak dalam 10 tahun terakhir. Saat ini Ukraina di peringkat ke-32 dengan akses bebas visa kes 148 negara dan China di peringkat 62 dengan akses bebas visa ke 85 negara tujuan. 

Ini daftar 10 negara dengan paspor terkuat, bebas visa ke ratusan negara

  1. Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Singapura dan Spanyol
  2. Finlandia, Korea Selatan dan Swedia
  3. Austria, Denmark, Irlandia dan Belanda
  4. Belgia, Luksemburg, Norwegia, Portugal dan Inggris
  5. Yunani, Malta dan Swiss
  6. Australia, Czechia, Selandia Baru, Polandia
  7. Kanada, Hungaria, Amerika Serikat
  8. Estonia, Lithuania
  9. Latvia, Slovakia, Slovenia
  10. Islandia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News