BisnisYuk

Pasar Skincare Anak Tumbuh, Moell Menjaring Pasar Berbekal Riset Kebutuhan Lokal

Pasar Skincare Anak Tumbuh, Moell Menjaring Pasar Berbekal Riset Kebutuhan Lokal

MOMSMONEY.ID - Pasar perawatan kulit anak di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan positif. Menurut Statista, nilai pasar ini diperkirakan mencapai Rp1,6 triliun pada 2025 dengan proyeksi kenaikan tahunan 7,14%.

Melihat peluang ini, pasangan asal Surabaya, Jonathan dan Uung, mendirikan Moell, merek skincare anak yang menekankan kualitas dan keterjangkauan, bukan sekadar keviralan di media sosial.

Berbeda dari pendekatan bisnis berbasis tren, Jonathan dan Uung memilih membangun brand berbasis riset.

“Produk berkualitas itu harus berbasis riset dan nantinya produk akan memasarkan dirinya sendiri melalui mulut konsumen,” ujar Jonathan dalam siaran pers yang dikutip Jumat (27/6).

Mereka mengembangkan formula bersama dokter anak dan dokter kulit selama 1,5 tahun sebelum meluncurkan Moell.

Baca Juga: Jangkau Pasar Lewat Produk Kecantikan Alami, Ini Strategi Oemah Herborist

Pemanfaatan bahan lokal turut menjadi strategi untuk menekan harga tanpa mengorbankan kualitas. Hasilnya, Moell berhasil menjadi merek perawatan bayi terlaris di e-commerce Indonesia dengan pangsa pasar 17,6% menurut riset Compas pada 2024.

Selain itu, komunitas yang dibangun sejak brand sebelumnya, Mom Uung, turut memperkuat loyalitas konsumen.

Seiring dengan pengembangan produk, Jonathan dan Uung juga fokus pada edukasi konsumen. Mereka berupaya memahami kebutuhan kulit anak dan menyusun formulasi yang relevan.

“Bersama dengan komunitas, Moell berupaya untuk tumbuh sambil terus mengedepankan edukasi konsumen yang tepat,” imbuh Jonathan.

Platform eCommerce menjadi kanal utama distribusi Moell. Sekitar 60% penjualannya berasal dari eCommerce, termasuk Lazada.

Bergabung dengan LazMall sejak 2023, Moell memperkuat posisinya sebagai brand lokal terpercaya. Lazada memberikan akses ke fitur seperti Gratis Ongkir, Voucher Toko, hingga data konsumen melalui Seller Center.

Baca Juga: Lewat Produk Lip Balm, Scarlett Luncurkan Lini Skincare Infused Makeup

Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata menyebut bahwa  Moell merupakan salah satu wujud keberhasilan dari perpaduan kualitas dan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran.

"Dan kami bangga menjadi bagian dari perjalanannya," ujar Stefan.

Kolaborasi ini menunjukkan sinergi antara brand lokal dan ekosistem digital dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Selanjutnya: Ada Pameran dan Berbagai Promo Barang Ibu dan Anak di Mommy N Me

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News