MOMSMONEY.ID - Oemah Herborist membesarkan bisnis lewat produk kecantikan alami dan jangkau pasar lewat platform Shopee.
Produk kecantikan kian bermunculan di Indonesia. Industri kecantikan di tanah air terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.
Salah satu produk kecantikan khususnya perawatan wajah dan tubuh yang menarik perhatian banyak kaum hawa adalah produk berbahan natural.
Hasil riset Statista akhir tahun 2024 memaparkan pasar skincare khususnya yang memiliki bahan atau kandungan alami diproyeksikan tumbuh sebesar 6,84% per tahun, mulai 2025 hingga 2029 mendatang.
Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk kecantikan berkualitas dan peran aktif brand kecantikan lokal yang terus berinovasi menggunakan bahan baku alami dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
Salah satu merek kecantikan lokal yang mewarnai industri kecantikan lokal adalah Oemah Herborist.
Menghadirkan produk kecantikan berbahan baku alami khas Indonesia, Oemah Herborist kini sukses mengembangkan produk kecantikan dan perawatan di masyarakat.
Dengan menggabungkan warisan tradisional dan teknologi modern, brand ini berhasil menghadirkan produk-produk yang dapat menarik daya beli pembeli.
Beberapa jenis produk Oemah Herborist seperti Oemah Herborist Body Butter, Herbal Soap, dan Body Scrub diakui perusahaan menjadi pilihan favorit pembeli karena memberi manfaat melindungi berbagai jenis karakter kulit tropis masyarakat Indonesia.
Billy Hartono Salim, Founder Oemah Herborist, menyampaikan, Oemah Herborist berangkat dari kearifan tradisi lokal, sebuah pengalaman dalam memahami dan menggali warisan budaya dan kekayaan alam untuk kecantikan wajah Indonesia.
Oemah Herborist senantiasa menggunakan bahan baku alami tanah air yang memiliki kandungan berkualitas tinggi yang terbukti secara turun temurun.
Dengan inovasi yang berkelanjutan, Billy menyebutkan, Oemah Herborist ingin meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kecantikan alami dapat diperoleh menggunakan produk lokal berkualitas tinggi yang dikembangkan dengan standar global.
Peran kemajuan teknologi, seperti platform e-commerce, layaknya Shopee yang menghadirkan peluang bagi produknya untuk mewujudkan hal tersebut, terutama dalam menjangkau banyak generasi muda yang kini lebih terbuka untuk mencoba produk lokal.
"Alhasil, kami dapat terus mempopulerkan ragam produk tradisional dengan cara yang lebih interaktif, sehingga bahan baku alami Indonesia tetap dapat terus berkembang di tengah perkembangan zaman," ujar Billy dalam keterangan tertulis, Jumat (24/1).
Sejak awal berdiri di tahun 2013, Oemah Herborist berkomitmen untuk meredefinisi kecantikan alami Indonesia.
Terinspirasi dari resep tradisional turun-temurun peninggalan nenek moyang, Herborist telah menciptakan banyak inovasi produk dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal terbaik seperti ekstrak lidah buaya, bunga mawar, dan berbagai herbal lainnya.
"Kami bertekad senantiasa memaksimalkan potensi bahan alami Indonesia untuk menciptakan produk berkualitas yang relevan dengan kebutuhan konsumen masa kini," tambah Billy.
Oemah Herborist juga memiliki program spesial dengan konsep menggabungkan wisata edukasi dan pengalaman berbelanja untuk mempromosikan lini produknya.
Melalui tur pabrik kecantikan yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah dan Kawasan Bedugul, di Pulau Bali, program ini memungkinkan pengunjung menyaksikan langsung proses produksinya dari awal.
Tur dimulai dengan pengamatan proses riset di laboratorium, dilanjutkan dengan pengenalan berbagai tanaman herbal asli Indonesia, dan diakhiri dengan tahapan produksi, pengemasan, hingga produk jadi yang siap dipasarkan Shopee Live dan Shopee Video
Sejak bergabung bersama Shopee pada tahun 2016, Oemah Herborist terus beradaptasi, berinovasi, dan berinvestasi dalam memanfaatkan berbagai peluang yang disediakan Shopee, mulai dari rangkaian kampanye belanja angka kembar, hingga fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video.
Peka terhadap perkembangan tren dan perilaku masyarakat yang kini kian menggemari metode Live Shopping, membuat mereka adaptif dalam menjadikan fitur Shopee Live dan Shopee Video sebagai salah satu kanal penjualan strategisnya.
Melalui kedua fitur interaktif ini, Oemah Herborist mampu menjangkau lebih banyak konsumen sekaligus membangun serta mengelola hubungan yang lebih dekat dengan pengguna setianya.
Kontribusi signifikan fitur Shopee Live pun terus menunjukkan performa penjualan positif dan konsisten Oemah Herborist di pasar kecantikan dalam negeri. Selama tahun 2024,
Oemah Herborist merasakan peningkatan transaksi yang signifikan sejak aktif memanfaatkan kanal penjualan melalui fitur Shopee Live. Selain itu, produk Herborist Minyak Zaitun + Collagen serta Herborist Body Butter menjadi produk paling dicari oleh konsumen di fitur Shopee Live pada tahun lalu.
"Fitur-fitur seperti Shopee Live memungkinkan kami untuk mempromosikan produk secara interaktif dan informatif dalam menjawab kebutuhan konsumen secara langsung," sebut Billy.
"Tak hanya itu, kami turut berkreasi memanfaatkan fitur Shopee Video untuk memberikan ragam konten edukasi, rekomendasi, serta tips bermanfaat bagi pengguna untuk mengedukasi pengguna mengenai manfaat, khasiat, serta cara penggunaan produk yang ideal," imbuh dia.
Ke depannya, Oemah Herborist akan terus mengoptimalkan berbagai peluang yang dihadirkan Shopee untuk terus berkembang menjadi brand kecantikan pilihan masyarakat Indonesia.
Membuka tahun 2025, Oemah Herborist berkomitmen untuk terus inovatif dan adaptif dalam meluncurkan ragam lini produk-produk terbaru yang relevan dengan tren kecantikan saat ini, dan terus mempertahankan warisan lokal.
"Kami percaya bahwa Shopee tidak hanya membantu kami untuk memperluas jangkauan pasar, tetapi juga menghadirkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan menyenangkan bagi para konsumen," tutur Billy.
Selanjutnya: Cek Biaya dan Cara Bayar Paspor Online dengan BCA, BRI, BNI, hingga Bank Mandiri
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News