Santai

Panda Ying Ying di Hong Kong Melahirkan Anak Kembar!

Panda Ying Ying di Hong Kong Melahirkan Anak Kembar!

MOMSMONEY.ID - Panda raksasa Ying Ying dan  Le Le telah menjadi orang tua. Pada 15 Agustus 2024 lalu Ying Ying melahirkan panda kembar di Ocean Park!

Setelah lebih dari satu dekade tak memiliki keturunan, Ying Ying akhirnya melahirkan sepasang anak kembar. Panda raksasa ini melahirkan hanya sehari sebelum ulang tahunnya ke-19. Ini membuat Ying Ying menjadi ibu panda tertua untuk pertama kalinya di dunia. 

Baca Juga: Ini Dia, Hidden Gems di Hong Kong

Selain itu, kelahiran panda kembar juga menandai pertama kalinya sepasang panda kembar lahir di Hong Kong. Kepala Ocean Park Corporation Paulo Pong mengatakan kelahiran ini benar-benar langka, terutama mengingat Ying Ying adalah panda raksasa terturan yang tercatat berhasil melahirkan untuk pertama kalinya. 

Panda raksasa terkenal memiliki kesulitan dalam bereproduksi. Ini menjadi lebih buruk seiring bertambahnya usia panda. Sejak kedatangan Ying Ying dan Le Le di Hong Kong pada tahun 2007, pasangan ini telah mencoba untuk kawin beberapa kali tetapi tidak berhasil. 

Tahun lalu, Ocean Park menerbangkan para ahli reproduksi dari Tiongkok Daratan untuk membantu inseminasi buatan. Sayangnya, itu juga gagal.

Pada akhir Juli, para pengasuh di Ocean Park memperhatikan gejala kehamilan atau kehamilan semu Ying Ying. Gejala termasuk penurunan nafsu makan, peningkatan waktu istirahat, dan perubahan kadar hormon. 

Baca Juga: Hong Kong Tourism Board Tarik Minat Wisatawan Indonesia, Begini Strateginya!

Namun, kehamilan panda tidak mudah dideteksi. Kehamilan baru dikonfirmasi pada 11 Agustus melalui pemindaian ultrasound, meskipun Ocean Park memutuskan untuk merahasiakannya.

Hanya beberapa hari kemudian, pada tanggal 14 Agustus, Ying Ying mulai menunjukkan gejala persalinan. Ini termasuk peningkatan aktivitas dan lekas marah. Kantung cairan ketubannya pecah sekitar pukul 10 malam hari itu. 

Tim Ocean Park dan para ahli dari Pusat Penelitian dan Konservasi Tiongkok untuk Panda Raksasa membantunya melalui proses persalinan yang memakan waktu lebih dari lima jam. Akhirnya, Ying Ying melahirkan si kembar panda raksasa pada pukul 2:05 pagi dan 3:27 pagi pada tanggal 15 Agustus di Ocean Park.

Pengunjung yang ingin bertemu dengan anak Ying Ying  harus menunggu beberapa bulan lagi. Saat ini, si kembar sangat rapuh dan membutuhkan waktu untuk stabil. Anak betina, yang lahir lebih dulu, memiliki berat 122 g. Anak laki-laki yang lebih muda hanya memiliki berat 112 g.

Baca Juga: Selain Disneyland Hong Kong, Kunjungi 6 Tempat Wisata di Hong Kong Ini Juga

Kedua bayi saat ini berada di bawah perawatan intensif 24 jam. Tim perawatan hewan dan dokter hewan Taman merawat kedua anak tersebut untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. 

Anak betina Ying Ying  mendapatkan lebih banyak perawatan karena memiliki suhu tubuh yang lebih rendah, tangisan yang lebih lemah, dan asupan makanan yang lebih rendah setelah lahir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News