Keluarga

Pakai Cuka, Begini Cara Membersihkan Microwave dengan Mudah!

Pakai Cuka, Begini Cara Membersihkan Microwave dengan Mudah!

MOMSMONEY.ID - Buat microwave Anda seperti baru dalam beberapa menit dengan membersihkannya memakai cuka! Bagaimana caranya? 

Mengetahui cara membersihkan microwave dengan cuka akan membuat alat masak kesayangan Anda ini terasa seperti baru dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Tak Lebih Bahagia dari Generasi Sebelumnya, Ini yang Diinginkan Gen Z di Kantor

Semua piring berlemak, tumpahan makanan atau bau yang membandel akan segera hilang dari microwave setelah dibersihkan dengan cuka putih dan air. 

Sebagai bonusnya, cuka adalah bahan dapur yang mudah Anda temui di toko dan harganya murah. Selain itu cuka tidak memiliki bahan kimia berbahaya dan bisa mensanitasi microwave. 

Melansir The Spruce, begini cara menggunakan cuka untuk membersihkan microwave

Peralatan yang dibutuhkan:

  • 1 Mangkok yang aman untuk microwave
  • 1 Spons
  • 1 Handuk mikrofiber
  • 1 Sarung tangan

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Warna Merah yang Cantik Mirip Mawar, Cocok untuk Dekorasi Rumah

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 cangkir cuka putih
  • Kulit jeruk, essential oil
  • 1 gelas air
  • 1 botol cairan pencuci piring

Cara menggunakan cuka untuk membersihkan microwave

  1. Tuangkan satu cangkir cuka putih dan satu cangkir air ke dalam mangkok yang sudah disiapkan. Jika Anda tak suka dengan bau cuka, tambahkan kulit jeruk atau beberapa tetes essential oil.
  2. Masukkan mangkok tadi ke dalam microwave dan panaskan selama 5 menit. Rebusan air cuka ini akan menciptakan uap yang bisa menghilangkan bekas makanan yang menempel. 
  3. Setelah 5 menit, ambil mangkoknya menggunakan sarung tangan. Kemudian gunakan spons untuk mengelap seluruh permukaan bagian dalam microwave.
  4. Jika bagian piringan microwave bisa diambil, segera lepas dan cuci dengan air hangat dan beberapa tetes sabun cuci piring kemudian bilas. 
  5. Jika microwave sudah dirasa bersih, keringkan dengan kain mikrofiber.
  6. Kemudian lap bagian luar microwave dengan spons dengan air cuka tadi. 

Baca Juga: Instagram Tidak Menampilkan Kontak Telepon, Begini Cara Memperbaikinya

Seberapa sering microwave harus dibersihkan?
Jika Anda menggunakan microwave setiap hari dan sering lupa menutup makanan saat memanaskannya, Anda harus membersihkan microwave seminggu sekali. 

Idealnya, Anda harus segera membersihkan microwave dengan cepat setelah selesai digunakan. Apalagi jika Anda mencium bau tak sedap atau ada sisa makanan yang tumpah. Namun jika Anda jarang menggunakan microwave cukup bersijkan dua minggu bahkan satu bulan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News