Santai

Instagram Tidak Menampilkan Kontak Telepon, Begini Cara Memperbaikinya

Instagram Tidak Menampilkan Kontak Telepon, Begini Cara Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Instagram tidak menampilkan kontak telepon, begini cara memperbaikinya.

Fitur sinkronisasi kontak Instagram memudahkan Anda terhubung dengan wajah-wajah yang dikenal di platform, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mencari teman, keluarga, dan kolega Anda secara manual.

Namun, ada beberapa masalah seperti Instagram tidak menampilkan kontak telepon. Jika hal tersebut terjadi, Anda bisa memperbaikinya dengan cara di artikel ini. 

Penyebab Instagram tidak menampilkan kontak telepon di antaranya kurangnya izin yang relevan, pengaturan yang salah dikonfigurasi, data cache rusak dan banyak lagi. 

Baca Juga: Cara Download Lagu Spotify untuk Didengarkan Offline Tanpa Internet

Mengutip Guiding Tech, berikut cara memperbaiki Instagram tidak menampilkan kontak telepon:

1. Periksa koneksi internet 

Jika koneksi internet Anda lambat atau tidak konsisten, Instagram mungkin mengalami masalah saat menyinkronkan kontak ponsel Anda. 

Oleh karena itu, memeriksa internet Anda sebelum mencoba hal lain adalah ide yang bagus. Anda dapat menjalankan tes kecepatan internet atau mencoba memutar video di YouTube.

Jika ada masalah, alihkan ke koneksi jaringan lain dan coba lagi.

ilustrasi Instagram

2. Aktifkan sinkronisasi kontak di Instagram

Ini mungkin tampak jelas, namun penting untuk memastikan Anda belum mematikan opsi sinkronisasi kontak di aplikasi Instagram.

- Buka aplikasi Instagram dan beralih ke tab profil.

- Ketuk ikon menu (tiga garis horizontal) di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan dan privasi dari menu yang dihasilkan.

- Ketik unggah kontak di kotak pencarian dan pilih hasil pertama yang muncul. Kemudian, aktifkan sakelar di sebelah Hubungkan kontak.

- Kembali ke profil Instagram, ketuk ikon menu, dan pilih Temukan orang. Instagram kemudian harus menyarankan akun berdasarkan daftar kontak Anda.

Baca Juga: Subtitle Instagram Reels Tidak Muncul, Begini Cara Mengatasinya

3. Izinkan Instagram akses kontak

Mengaktifkan sinkronisasi kontak mungkin tidak banyak membantu jika aplikasi Instagram tidak memiliki izin yang diperlukan untuk mengakses kontak di Android atau iPhone Anda. 

4. Keluar dan masuk lagi

Masalah sementara dengan akun Anda juga dapat mencegah Instagram menyinkronkan atau menampilkan kontak telepon. Cara mudah untuk memperbaiki masalah tersebut adalah dengan keluar dari akun Anda dan masuk kembali

5. Hapus cache Instagram

Data cache yang rusak atau ketinggalan jaman juga bisa menyebabkan aplikasi Instagram tidak berfungsi di Android Anda. 

Fitur tertentu, seperti sinkronisasi kontak, mungkin berhenti berfungsi jika hal ini terjadi. Untungnya, menghapus cache aplikasi Instagram cukup sederhana di ponsel pintar Android Anda.

Baca Juga: Begini Cara Live Translate Panggilan Telepon di Samsung Galaxy S24 Series

6. Perbarui aplikasi

Seperti aplikasi lainnya, Instagram menerima pembaruan rutin, termasuk perbaikan bug dan peningkatan kinerja. Jika Anda sudah lama tidak memperbarui Instagram, mungkin sekarang saat yang tepat untuk melakukannya.

Buka Play Store (Android) atau App Store (iPhone) untuk mencari aplikasi Instagram. Jika versi yang lebih baru tersedia, ketuk tombol Perbarui untuk menginstalnya.

Jika masalah tetap ada bahkan setelah ini, Anda mungkin harus mencopot pemasangan aplikasi Instagram dari ponsel Anda dan memasangnya kembali. Ini akan membantu memperbaiki masalah yang terjadi karena data aplikasi yang rusak atau tidak dapat diakses atau pemasangan yang tidak tepat.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki Instagram tidak menampilkan kontak telepon. 

Selanjutnya: Promo HUT BCA 67 Krispy Kreme, Kabobs, dan Kopi Kenangan 21-22 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News