Bugar

Pahami Manfaat Air Beras untuk Kulit dan Rambut

Pahami Manfaat Air Beras untuk Kulit dan Rambut

MOMSMONEY.ID - Seringnya Anda langsung membuang air beras saat mencucinya. Ternyata ada banyak manfaat air beras untuk kulit dan rambut, loh. 

Air beras sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Jepang untuk perawatan kulit.Bahkan, brand besar seperti SK II memanfaatkan bahan ini. Air beras mampu menenangkan kulit serta membantu memperbaiki kondisi kulit.

Jika Anda tertarik, simak manfaat air beras untuk kulit dan rambut dikutip dari jovee.id, yaitu: 

Baca Juga: Simak 4 Cara Mengatasi Bromhidrosis atau Bau Badan yang Tepat

  • Manfaat Air Beras untuk Kulit

Pertama, air beras dapat membantu mengenyalkan kulit. Sebuah studi di tahun 2013 menunjukkan bahwa fermentasi air beras atau sake dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sake meningkatkan kolagen di kulit yang membuat kulit dapat menjadi lebih kenyal dan membantu mencegah kerutan. Hal ini nyata terlihat pada para pembuat sake yang punya tangan yang lembut.

Penelitian lain menunjukkan bukti kuat manfaat air beras untuk membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini karena sifat anti oksidannya.

Selain membantu mengenyalkan dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, manfaat air beras untuk wajah yang kering juga tak kalah menakjubkannya.

Air beras diketahui dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS), bahan yang banyak digunakan dalam produk-produk perawatan tubuh pabrikan.

Rutin menggunakan air beras dua kali sehari untuk mencuci wajah dapat membantu mengatasi kulit yang kering dan rusak akibat SLS.

Untuk mendapatkan manfaat air beras untuk wajah dan cara pemakaiannya, ternyata tidak sulit. Anda dapat menggunakan air beras ini sebagai pembersih wajah atau toner.

Caranya mudah, yaitu dengan merendam beras dalam air selama 2 hari. Lalu saring dan ambil airnya saja. Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas untuk memberi efek menyegarkan.

Baca Juga: Promo Kopi Kenangan, Ada Cashback 50% Lo!

  • Manfaat Air Beras untuk Rambut 

Selain kulit wajah, air beras juga bagus untuk kesehatan rambut. Setiap butir beras mengandung 75-80 persen pati. Jika dicuci, maka air beras mengandung pati tersebut yang tersisa setelah beras direndam.

Air beras ini mengandung berbagai vitamin dan mineral, antara lain: asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral, dan antioksidan. Semua kandungan ini dapat bermanfaat untuk membantu menyehatkan rambut.

Menurut penelitian, perempuan-perempuan di Jepang pada zaman dahulu memiliki rambut panjang hingga ke lantai yang dijaga kesehatannya dengan rutin keramas menggunakan air beras.

Kisah serupa di zaman modern ini juga dapat ditemukan di Tiongkok. Para perempuan Yao yang tinggal di desa bernama Huangluo di Tiongkok terkenal punya rambut rata-rata sepanjang 6 kaki berkat perawatan menggunakan air beras ini.

Bukan hanya menumbuhkan, manfaat air beras untuk rambut juga dapat memperkuat, menghilangkan kusut, membuat rambut lebih halus, dan meningkatkan kilau rambut.

Inositol, bahan kimia alami yang terdapat pada air beras yang dapat membantu memperbaiki kondisi-kondisi rambut dari kerusakan tersebut.

Anda dapat menggunakan rendaman air beras sebagai pengganti shampo atau mengaplikasikannya ke rambut dari akar hingga ujungnya dan diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Nah, itulah manfaat air beras untuk kulit dan rambut yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News