AturUang

Oleh-Oleh Naik Haji Lebih Praktis Beli di Lokal, Begini Kata Perencana Keuangan

Oleh-Oleh Naik Haji Lebih Praktis Beli di Lokal, Begini Kata Perencana Keuangan

MOMSMONEY.ID - Sekembali dari menunaikan ibadah haji dan umrah, kurang lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan untuk kerabat dan keluarga di tanah air. Namun, ternyata jemaah tidak harus membeli oleh-oleh itu di Arab Saudi. .

Banyak orang yang beli buah oleh-oleh haji umrah di Indonesia. Salah satunya di daerah Tanah Abang, Jakarta, yang banyak menjajakan oleh-oleh asal tanah suci begitu beragam

Meski tidak benar-benar dibeli langsung di tanah suci, alasan lebih praktis dan hemat kerap dilontarkan oleh para jemaah haji dan umrah. Memang tidak ada salahnya juga menggunakan cara ini.

Baca Juga: Hindari Makanan Jadi Basi, Jemaah Haji Diimbau Tidak Tunda Makan

Erlina Juwita, perencana keuangan Oneshildt, mengatakan, membeli oleh-oleh dari pedagang di Indonesia lebih irit dan juga lebih efisien. Mengingat ketika membeli oleh-oleh dari Mekkah, Anda harus siap dengan bagasi yang lebih besar kapasitasnya.

"Beli oleh-oleh dari lokal pasti lebih hemat dan lebih praktis. Tidak perlu banyak bawaan," ujar Erlina.

Selain itu, membeli produk dari pedagang lokal tidak perlu membuat kita berurusan dengan imigrasi. Alhasil akan lebih cepat juga pengurusan di bandara.

Baca Juga: Suhu Terpanas di India Tembus 52 Derajat Celcius, Indonesia Dekati Angka 39°C

Sementara Rizqi Syam, perencana keuangan dari Finansialku, mengatakan, mau membeli oleh-oleh di tanah suci atau di lokal bukan sesuatu yang bisa dibandingkan. Akan tetapi, jika dari sisi praktis memang jauh lebih praktis beli di lokal.

"Karena mungkin ini mengenai kepraktisan saja ketika pulang ke Indonesia," ungkap Rizqi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News