Santai

Mudik Sudah di Depan Mata, Perhatikan Tips Keuangan Berikut

Mudik Sudah di Depan Mata, Perhatikan Tips Keuangan Berikut

MOMSMONEY.ID -  Blu by BCA Digital membagikan tips mengatur keuangan dalam menyambut momen mudik lebaran. 

Di penghujung bulan Ramadan, mudik ke kampung halaman jadi momen yang paling banyak ditunggu orang, terutama para pekerja. 

Tradisi mudik ke kampung halaman ini biasanya dilakukan agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. 

Nah, untuk memastikan kelancaran beraktivitas selama momen libur lebaran ini, penting rasanya untuk mengatur keuangan agar tetap aman, baik sebelum, saat, dan sesudah momen perayaan lebaran. 

Baca Juga: 6 Ide Kegiatan Saat Tidak Mudik Lebaran, Dijamin Masih Produktif Semua

Berikut ini tips kelola dana mudik lebaran anti boncos dan membuat ebaran jadi nyaman ala Blu by digital :

Pakai Cara Praktis dan Hemat Untuk Beli Tiket Mudik

Tradisi mudik di Indonesia biasanya berjalan mulai H-7 hingga menjelang hari raya. Masyarakat biasanya menggunakan berbagai moda transportasi untuk mudik, mulai dari pesawat, kapal laut, kereta, bis sampai kendaraan pribadi.

Kalau Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum, menggunakan layanan dari online travel agent bisa jadi salah satu pilihan praktis untuk membeli tiket berbagai moda transportasi.

Pastikan Saldo Kartu Flazz Terisi Penuh Agar Mudik Jadi Aman dan Nyaman

Buat Anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan atau mobil pribadi untuk mudik, kartu pembayaran gerbang toll jadi item wajib yang harus disiapkan agar perjalanan berjalan lancar. Biar tidak panik kehabisan saldo dan membuat antrian mengular saat berada di gerbang toll, Anda harus pastikan kalau saldo sudah terpenuhi sampai kota tujuan. 

Siapkan Beberapa Alternatif Metode Pembayaran Agar Belanja Jadi Nyaman

Buat Anda si generasi cashless, ataupun kamu yang khawatir untuk membawa uang tunai dalam jumlah besar, kamu bisa gunakan kartu debit maupun QRIS sebagai alternatif pembayaran yang nyaman dan praktis dalam menemani perjalanan mudik. 

Selama perjalanan, ada kemungkinan handphone kamu sulit untuk mengakses sinyal atau kehabisan baterai. Untuk hal ini kartu debit bisa jadi solusinya. 

Baca Juga: Tiket.com Bagikan Opsi Aktivitas Usir Bosan saat Mudik Lebaran

Rencanakan Alokasi Dana Hadiah Lebaran Untuk Saudara di Kampung Halaman

Selain menjadi momen untuk saling memaafkan, lebaran juga biasanya menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian hadiah lebaran atau THR kepada adik-adik, keponakan dan saudara dekat.

Besaran dana THR ini juga bisa kamu atur dengan menyesuaikan umur keponakan, seberapa dekat hubungan Anda dengan keluarga saudara, dan lainnya. 

Agar besaran dana masing-masing saudara tidak tertukar, kamu bisa memberikan nama pada setiap amplop yang sudah disiapkan atau menggunakan fitur transfer antar bank.

Baca Juga: Mau Mudik? Ini 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Edwin Tirta, Head of Digital Business BCA Digital mengatakan bahwa memisahkan dana keuangan itu krusial. "Terutama saat kita memiliki banyak kebutuhan yang berbeda-beda saat lebaran" kata Edwin. 

Oleh karena itu, Edwin mengatakan bahwa bisa  memanfaatkan berbagai fitur keuangan dari blu by BCA Digital untuk melakukan budgeting seperti membuat kantong-kantong bluSaving dan bluGether. 

"Kami harap sobatblu dapat dengan lebih mudah mengatur semua kebutuhan keuangan dan bisa mencapai kedewasaan finansialnya bersama blu," kata Edwin. 

Selanjutnya: Jelang Liburan, Ace Hardware Tawarkan Beragam Promo Kebutuhan Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News