Bugar

Moms, Hindari 5 Makanan Ini Saat Berpuasa agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

Moms, Hindari 5 Makanan Ini Saat Berpuasa agar Tubuh Tetap Fit dan Bugar

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang harus dihindari saat berpuasa agar tubuh tetap fit dan bugar setiap harinya.

Saat menjalani ibadah puasa, Anda akan menahan lapar dan haus dalam waktu sekitar 12 jam. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh sebaik mungkin. 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih makanan yang tepat ketika sahur maupun berbuka.  

Manfaat berpuasa hanya bisa dicapai jika pola hidup sehat juga diterapkan selama puasa dan ini termasuk pola makan sehat.

Sayangnya, yang terjadi seringkali malah sebaliknya. Tidak heran beberapa orang justru mengalami masalah kesehatan selama bulan puasa.

Dilansir dari Web MD, inilah beberapa makanan yang harus dihindari saat berpuasa agar tubuh tetap fit dan bugar setiap harinya, antara lain: 

Baca Juga: Waspadai! Ini 5 Penyebab Utama Maag Kambuh saat Berpuasa

1. Makanan pedas

Makanan yang perlu dihindari saat berpuasa pertama adalah makanan pedas. Makan jenis ini sebaiknya dihindari terutama bagi penderia asam lambung atau biasa disebut mag. 

Jika Anda memakan makanan pedas saat perut dalam kondisi kosong dapat meningkatkan produksi asam. 

Tidak hanya itu, lambung pun menjadi lebih sensitif saat dalam keadaan kosong sehingga dapat membuat maag Anda  kambuh. 

2. Makan terlalu banyak

Makanan yang perlu dihindari saat berpuasa kedua adalah makan terlalu banyak. Salah satu kesalah yang paling sering dilakukan yaitu makan terlalu banyak. 

Hal tersebut terjadi karena seseorang cenderung ingin “balas dendam”, sehingga mereka melampiaskan rasa lapar dengan makan terlalu banyak.  

3. Aneka gorengan

Makanan yang perlu dihindari saat berpuasa ketiga adalah gorengan. Mengonsumsi aneka jenis gorengan memang nikmat rasanya, terutama setelah seharian berpuasa. 

Namun, jenis makanan ini ternyata dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ini karena gorengan termasuk dalam kategori makanan “panas” rendah serat yang sulit dicerna. 

4. Makanan yang terlalu manis 

Makanan yang perlu dihindari saat berpuasa keempat adalah makanan yang terlalu manis. Mengonsumsi makanan manis memang dianjurkan ketika Anda berbuka puasa. 

Namun, pastikan untuk memilih makanan manis yang akan Anda konsumsi.

Sebab, makanan yang terlalu manis berbahan gula rafinasi atau tambahan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan.  

Baca Juga: Catat, Ini 5 Masalah Kesehatan yang Kerap Muncul saat Berpuasa

5. Junk food

Makanan yang perlu dihindari saat berpuasa kelima adalah junk food. Penting bagimu untuk menghindari konsumsi junk food yang rendah serat baik saat sahur maupun ketika berbuka. 

Sebab, makanan tersebut dapat menimbulkan beberapa dampak negatif pada tubuh. Salah satunya seperti meningkatkan asam lambung. 

Di samping itu, berbuka puasa dengan junk food juga dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit. 

Alih-alih mengonsumsi junk food, sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi air, sayuran, dan buah lebih banyak agar kebutuhan serat dapat terpenuhi.  

Itulah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari saat sahur atau berbuka selama menjalankan ibadah puasa.

Sebab beberapa makanan tersebut dapat membuat mulut serta lambung menjadi tidak nyaman.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News