BisnisYuk

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Laris Manis, Dukung Pertumbuhan Kinerja Xiaomi

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Laris Manis, Dukung Pertumbuhan Kinerja Xiaomi

MOMSMONEY.ID - Mobil listrik pintar alias smart EV pertama dari Xiaomi, Xiaomi SU7 Series, menunjukkan debut yang kuat pada 2024.

Berdasarkan keterangan tertulis Xiaomi Indonesia, Jumat (21/3), unit tersebut behasil melakukan pengiriman 136.854 unit dalam sembilan bulan sejak peluncurannya.

Pendapatan dari smart EV dan inisiatif baru lainnya mencapai RMB 32,8 miliar atau setara Rp75 triliun pada 2024. Pengiriman Xiaomi SU7 Series meningkat pesat pada kuartal keempat, mencapai 69.697 unit dan melampaui target pengiriman tahunan lebih awal dari jadwal.

Permintaan terhadap Xiaomi SU7 Series sangat tinggi, terutama dari pengguna wanita dan pengguna Apple, yang mengubah basis pengguna Xiaomi dan meningkatkan citra merek premium. 

Pada 2025, Xiaomi EV semakin memperluas segmen ultra-premium dengan peluncuran Xiaomi SU7 Ultra pada 27 Februari.

Model ini akan menetapkan standar baru di segmen premium, dengan permintaan awal yang kuat, melebihi 19.000 unit pre-order dan lebih dari 10.000 pesanan dalam tiga hari pertama setelah peluncuran, lagi-lagi mencapai target tahunan lebih awal.

Baca Juga: Kinerja Xiaomi Sepanjang 2024 Lampaui Ekspektasi

Xiaomi menargetkan pengiriman 350.000 unit EV sepanjang 2025.

Hingga 31 Desember 2024, Xiaomi telah membuka 200 pusat penjualan EV pintar di 58 kota di Tiongkok.

Kinejra Xiaomi juga tersokong oleh lini bisnisnya lain, seperti, pasar peralatan rumah tangga pintar ultra-premium.

Pada 2025, Xiaomi meluncurkan Mijia Central Air Conditioner Pro, produk AC flagship yang dirancang untuk menantang standar industri, menegaskan komitmen Xiaomi terhadap strategi premium di sektor peralatan rumah tangga.

Selain itu, bisnis IoT lampaui RMB 100 miliar yang setara Rp 227 triliun untuk pertama kalinya, pengiriman AC, kulkas, dan mesin cuci capai rekor tertinggi

Bisnis produk IoT dan gaya hidup Xiaomi mencapai tonggak sejarah baru pada 2024 dengan pendapatan lebih dari RMB 100 miliar yang setara Rp227 triliun untuk pertama kalinya.

Pendapatan dari IoT dan produk gaya hidup mencapai RMB 104,1 miliar setara Rp237 triliun, naik 30% yoy, dengan margin laba kotor mencapai 20,3%. 

Baca Juga: Resmi Hadir di Indonesia, Harga Xiaomi 15 Ultra Mulai dari Rp 17 Jutaan

Segmen peralatan rumahtangga cerdas mempertahankan pertumbuhan kuat, dengan pendapatan 2024 melonjak 56,4% yoy.

Pengiriman AC meningkat lebih dari 50% yoy menjadi lebih dari 6,8 juta unit, pengiriman kulkas meningkat lebih dari 30% yoy menjadi lebih dari 2,7 juta unit, dan pengiriman mesin cuci naik lebih dari 45% yoy menjadi lebih dari 1,9 juta unit.

Pada 2024, tablet Xiaomi terus mempertahankan momentum pertumbuhan yang kuat. Menurut Canalys, pengiriman tablet Xiaomi secara global tumbuh 73,1% yoy, tetap berada di peringkat 5 secara global dan nomor 3 di Tiongkok.

Penjualan smartband Xiaomi menempati peringkat 2, baik secara global maupun di Tiongkok, sementara pengiriman TWS earbud menempati peringkat 1 di Tiongkok. 

Untuk pertama kalinya, pendapatan kuartal Xiaomi Corporation mencapai lebih dari RMB 100 miliar atau setara Rp 227 triliun pada kuartal IV 2024.  Sementara total pendapatan untuk tahun lalu meningkat 35% yoy menjadi RMB 365,9 miliar atau setara Rp 831,8 triliun. 

Sementara laba bersih yang disesuaikan naik 41,3% yoy menjadi RMB 27,2 miliar yang setara Rp 61,8 triliun.

Selanjutnya: Satgas PASTI Blokir 508 Pinjol Ilegal di Januari-Februari 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media