BisnisYuk

Kinerja Xiaomi Sepanjang 2024 Lampaui Ekspektasi

Kinerja Xiaomi Sepanjang 2024 Lampaui Ekspektasi

MOMSMONEY.ID - Xiaomi Corporation mengumumkan hasil konsolidasi yang telah diaudit untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember 2024 yang jauh melampaui ekspektasi pasar.

Berdasarkan keterangan tertulis Xiaomi Indonesia, Jumat (21/3), untuk pertama kalinya, pendapatan kuartal Xiaomi Corporation mencapai lebih dari RMB 100 miliar atau setara Rp 227 triliun pada kuartal IV 2024. 

Total pendapatan perusahaan elektronik dan manufaktur cerdas dengan inti bisnis pada smartphones dan smart hardware yang terhubung oleh platform internet of things (IoT) untuk 2024 meningkat 35,0% year-over-year (yoy) menjadi RMB 365,9 miliar atau setara Rp 831,8 triliun. 

Sementara laba bersih yang disesuaikan naik 41,3% yoy menjadi RMB 27,2 miliar yang setara Rp 61,8 triliun.

Pada kuartal IV 2024, total pendapatan Xiaomi mencapai RMB 109 miliar atau setara Rp 248 triliun, meningkat 48,8% yoy. Sedang laba bersih yang disesuaikan melonjak 69,4% menjadi RMB 8,3 miliar yang setara Rp18,8 triliun, jauh melampaui ekspektasi pasar.

Pada 2024, seluruh segmen bisnis Xiaomi mengalami pertumbuhan signifikan, didorong oleh sinergi kuat ekosistem cerdas Human x Car x Home. Pertumbuhan luar biasa tercatat pada segmen smartphone, EV, dan peralatan rumah tangga cerdas.

Baca Juga: Redmi Note 14 Series Punya Fitur Unggulan! Cek Spesifikasi Lengkapnya di Sini

Pendapatan smartphone meningkat 21,8% menjadi RMB 191,8 miliar setara Rp 436,2 triliun. Sedangkan pendapatan dari smart EV dan inisiatif baru mencapai RMB 32,8 miliar atau setara Rp 75 triliun, melampaui target yang telah ditetapkan. 

Pendapatan dari IoT dan produk gaya hidup meningkat 30% yoy menjadi RMB104,1 miliar (setara Rp237 triliun) dengan penjualan AC, kulkas, dan mesin cuci mencetak rekor tertinggi.

Pada 2025, Xiaomi melakukan ekspansi ke pasar ultra-premium dengan meluncurkan Xiaomi 15 Ultra, Xiaomi SU7 Ultra, dan Mijia Central Air Conditioner Pro.

Pada hari peluncurannya di Tiongkok  di 3 Maret lalu, penjualan Xiaomi 15 Ultra meningkat lebih dari 50% dibanding model sebelumnya pada periode yang sama. 

Pesanan Xiaomi SU7 Ultra telah melampaui 10.000 unit, mencapai target tahunan lebih awal dari jadwal. Kedua produk ini menunjukkan kinerja penjualan yang mengagumkan, dan menunjukkan momentum pertumbuhan yang menjanjikan.

Pengiriman smartphone global Xiaomi naik 15,7% YoY, menjadikannya kontributor terbesar dalam pertumbuhan industri.

Baca Juga: Xiaomi Targetkan Pertumbuhan Lebih Tinggi di 2025 Lewat Beragam Inovasi

Pada 2024, pendapatan Xiaomi dari penjualan smartphone mencapai RMB 191,8 miliar yang setara Rp 436 triliun, naik 21,8% yoy.

Pengiriman smartphone Xiaomi ke pasar global mencapai 168,5 juta unit, meningkat 15,7%, menjadikannya kontributor terbesar dalam pertumbuhan industri.

Menurut Canalys, pada 2024, pengiriman smartphone Xiaomi berada di peringkat tiga teratas secara global selama 18 kuartal berturut-turut dengan pangsa pasar 13,8%.

Pada Q4 2024, pangsa pasar pengiriman smartphone Xiaomi di Tiongkok meningkat 3,0 poin persentase yoy menjadi 15,8%, menandai pertumbuhan pangsa pasar selama empat kuartal berturut-turut.

Selama periode tersebut, Xiaomi mencapai terobosan signifikan dalam strategi premiumisasinya, dengan pangsa pasar di segmen premium mencapai rekor tertinggi. Menurut data pihak ketiga, pangsa pasar Xiaomi di segmen harga RMB 3.000 yang setara Rp 6,8 jutaan naik menjadi 23,3%. 

Sedangkan, pangsa pasar di segmen harga RMB 4.000-5.000 atau setara Rp 9-11 jutaan meningkat menjadi 24,3%. Sementara pangsa pasar di segmen harga RMB 5.000-6.000 setara Rp11-13 jutaan tumbuh menjadi 9,7%, naik 1,3 poin persentase yoy. 

Selanjutnya: Barito Renewables (BREN) akan Buyback Saham tanpa RUPS, Alokasikan Dana Rp 2 Triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media