Santai

Minum Air Tak Boleh Berlebihan, Kenali 4 Tanda Overhydration di Sini

Minum Air Tak Boleh Berlebihan, Kenali 4 Tanda Overhydration di Sini

MOMSMONEY.ID - Simak beberapa tanda overhydration atau hidrasi berlebih yang ternyata bisa muncul pada tubuh.

Mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup merupakan kebiasaan yang harus dibangun untuk menghindari dehidrasi.

Namun jika mengonsumsi air putih terlalu banyak, bisa menyebabkan munculnya kondisi overhydration.

Kondisi overhydration adalah kondisi tubuh dengan hidrasi berlebihan yang ternyata tak baik bagi kesehatan.

Maka dari itu, kenali beberapa tanda tubuh yang mengalami kondisi overhydration berikut ini ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Intermitten Fasting, Diet Sehat dan Populer

Kencing terus menerus

Idealnya seseorang yang mengonsumsi air putih dalam takaran dan porsi yang cukup akan membuang racun melalui kencing sebanyak 6 hingga 8 kali dalam sehari.

Jika kencing dilakukan sebanyak lebih dari 10 kali, maka hal tersebut merupakan sebuah tanda tubuh sedang berada pada kondisi overhydration.

Air kencing bening

Salah satu tanda utama yang bisa dilihat dari kondisi overhydration adalah warna air kencing yang dibuang berwarna bening. Air kencing bening adalah tanda bahwa yang sedang dibuang oleh tubuh hanyalah air saja.

Air kencing yang ideal adalah air kencing yang berwarna kuning terang menurut laman Mind Body Green. Tak perlu khawatir jika air kencing berwarna bening cukup ketahui bahwa Anda terlalu banyak meminum air putih dan hentikan hingga terasa haus kembali.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Manfaat Keuntungan Lakukan Meal Prep, Jarang Diketahui Loh

Otot kram

Tanda lainnya saat tubuh berada pada kondisi overhydration adalah otot yang menjadi kram. Hal tersebut di karena kan karena elektrolisis tubuh tidak seimbang yang dikenal dengan kurangnya sodium.

Efek dari overhydration yang dirasakan adalah adanya otot kram, lemas, dan otot kejang juga kerap terjadi. Jika merasakan hal tersebut ada baiknya untuk mengonsumsi minuman dan makanan penambah elektrolisis atau mengonsumsi suplemen elektrolit.

Keinginan minum walaupun saat sedang tidak haus

Melansir dari laman Web MD, merasa haus adalah salah satu tanda tubuh sedang butuh minuman atau berada pada kondisi dehidrasi. Tubuh dapat melawan dehidrasi dengan memberikan sinyal tersebut pada tubuh.

Sehingga jika muncul keinginan untuk mengonsumsi minuman terus menerus walaupun tidak haus, bisa jadi tubuh berada pada kondisi overhydration. Terlalu banyak minum air ketika tidak dibutuhkan juga akan membuat tubuh malah menjadi lemas dan tidak terhidrasi dengan baik.

Nah, itulah tadi tanda tubuh yang mengalami overhydration atau hidrasi berlebihan. Apakah Anda pernah mengalami salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News