Santai

Meski Masuk Musim Kemarau, Tetap Waspada Cuaca Curah Hujan Tinggi di Wilayah Ini

Meski Masuk Musim Kemarau, Tetap Waspada Cuaca Curah Hujan Tinggi di Wilayah Ini

MOMSMONEY.ID - Meski sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki awal musim kemarau pada Mei hingga Agustus 2024, tetap waspada peningkatan cuaca curah hujan secara signifikan di beberapa daerah selama pekan ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi masih ada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia hingga 31 Mei 2024 secara signifikan. 

Kondisi dinamika atmosfer yang bisa memicu peningkatan curah hujan tersebut antara lain adalah Bibit Siklon Tropis 99B di Teluk Benggala sebelah timur India serta Bibit Siklon Tropis 93W di Perairan Masbate di sekitar Filipina bagian tengah.

"Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang. Kondisi ini berlangsung di sebagian wilayah Indonesia hingga 31 Mei 2024," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam siaran pers, dikutip Selasa (28/5).

Baca Juga: Waspada, Cuaca Hujan Disertai Petir Bisa Guyur Wilayah Jabodetabek Pekan Ini

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani mengatakan, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada periode 25-31 Mei 2024 dapat terjadi di: 

  • sebagian Sumatra
  • sebagian Jawa bagian barat
  • sebagian besar Kalimantan
  • sebagian besar Sulawesi
  • Maluku
  • Maluku Utara
  • sebagian besar Papua

Oleh karenanya, masyarakat khususnya yang bertempat tinggal daerah bertopografi curam/bergunung/tebing agar tetap waspada serta menghindari atau menjauhi lereng-lereng bukit yang rawan longsor.

"Dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang," ungkap Andri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News