Bugar

Mengulik 3 Manfaat Ketan Hitam untuk Diabetes, Bantu Cegah Komplikasi

Mengulik 3 Manfaat Ketan Hitam untuk Diabetes, Bantu Cegah Komplikasi

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa ada sejumlah manfaat ketan hitam untuk diabetes, lho. Cek ulasannya di sini, yuk!

Ketan hitam adalah salah satu jenis beras dengan warna gelap alami yang mengandung banyak nutrisi bermanfaat.

Dikutip dari Healthline, ketan hitam dianggap lebih sehat dibandingkan jenis beras lainnya. Dalam setiap 100 gram ketan hitam, terkandung 9 gram protein. Selain itu, ketan hitam juga kaya akan zat besi dan berbagai mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Sehat dan Segar, Konsumsi Jus yang Baik untuk Asam Lambung Ini, yuk

Ternyata terdapat manfaat ketan hitam untuk diabetes yang tersembunyi. Menyadur dari laman Klik Dokter, di bawah ini adalah beberapa manfaat tersebut.

1.  Mengontrol Kadar Gula Darah

Ketan hitam mengandung serat dan pati yang bisa memperlambat proses pencernaan. Ini membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

2. Mencegah Komplikasi Diabetes

Ketan hitam mengandung antosianin, antioksidan yang membantu memperbaiki resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Mengonsumsinya dengan porsi yang tepat juga dapat menurunkan risiko komplikasi seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Pilihan Minuman Pereda Asam Lambung yang Sayang Jika Dilewatkan

3. Membuat Kenyang Lebih Lama

Serat dalam ketan hitam membuat pencernaan lebih lambat, sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama. Hal ini bisa mengurangi keinginan penderita diabetes untuk ngemil sembarangan. Hal ini dapat menjaga kadar gula darah dan berat badan tetap stabil.

Itulah manfaat ketan hitam untuk diabetes yang tak banyak orang tahu. Meskipun demikian, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi ketan hitam berlebihan.

Dianjurkan juga untuk menghindari campuran seperti santan atau gula berlebih agar manfaatnya tetap optimal. Selain itu, penting juga untuk menjalani gaya hidup sehat, berolahraga teratur, cukup istirahat, dan mengelola stres dengan baik dalam upaya mengelola diabetes.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Neraca Perdagangan Agustus 2024 Diperkirakan Surplus US$ 2,38 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News