Bugar

Mengenal Gejala Darah Tinggi Naik, Benarkah Pusing hingga Mimisan?

Mengenal Gejala Darah Tinggi Naik, Benarkah Pusing hingga Mimisan?

MOMSMONEY.ID - Banyak yang mengira bahwa ketika tekanan darah naik secara signifikan, beberapa gejala dapat muncul. Pusing dan mimisan adalah dua gejala darah tinggi naik. Tetapi, apakah benar demikian?

Melansir dari Heart.org, tekanan darah tinggi dikenal sebagai silent killer karena sering kali tidak menunjukkan gejala sama sekali. Sejauh ini, bukti yang ada menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi tidak biasanya menyebabkan sakit kepala atau mimisan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah secara rutin, terutama jika Anda memiliki faktor risiko seperti riwayat keluarga, obesitas, merokok, atau pola makan tinggi garam.

Meskipun pusing dan mimisan kadang-kadang dapat terjadi pada tekanan darah tinggi, ini bukan gejala utama dari kondisi darah tinggi. Hipertensi sering tidak menunjukkan gejala yang jelas, sehingga penting untuk memantau tekanan darah Anda secara teratur.

Baca Juga: Tidak Perlu Panik! Ini Cara Mengatasi Sesak Napas karena Asam Lambung Naik

Jika tekanan darah Anda sangat tinggi disertai perasaan tidak nyaman lainnya, beristirahatlah sejenak selama lima menit dan lakukan pengukuran ulang.

Apabila tekanan darah Anda masih menunjukkan angka 180/120 mm Hg atau lebih, sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga medis.

Hal ini karena kondisi tersebut dapat merupakan indikator dari masalah kesehatan lain, bukan hanya tekanan darah tinggi.

Kesimpulannya, tidak ada gejala darah tinggi naik yang jelas karena umumnya tidak menimbulkan gejala. Anda perlu melakukan pengecekan tekanan darah untuk mengetahui kebenarannya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Simak Strategi Pemilik Buttonscarves Kembangkan Bisnis Kecantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News