Keluarga

Manfaat Daun Sirih Cina, Bisa Jadi Obat Mata lo

Manfaat Daun Sirih Cina, Bisa Jadi Obat Mata lo

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa daun sirih cina ternyata bermanfaat untuk dijadikan obat mata.

Daun sirih cina bisa dijadikan obat mata dengan merebus beberapa daun sirih cina dan air rebusannya dijadikan obat tetes.  

Melansir Alodokter, daun sirih cina sudah sejak lama dijadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit mata, seperti katarak, glaukoma, dan retinopati diabetik.

Baca Juga: Benarkah Sperma Memiliki Protein Tinggi yang Penting bagi Tubuh?

Mengutip Hello Sehat, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Integrative Medicine menyimpulkan, daun sirih cina mengandung senyawa bioaktif yang memiliki sifat anti bakteri dan anti oksidan yang bisa membantu pemulihan mata dari konjungtivitis dan katarak. 

Konjungtivitis adalah iritasi pada salah satu bagian mata. Biasanya, terjaddi pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam.

Nah, antibakteri pada ekstrak daun sirih dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab konjungtivitis khususnya bakteri taphylococcus.

Sifat antioksidan pada daun sirih seperti vitamin C dapat mencegaj katarak. Namun, bagi penderitanya, kandungan ini bisa memperlambat perburukan kondisi katarak. 

Menurut Alodokter, sifat antibakteri pada daun sirih cina ini ada berkat kandungan fenol dan turunannya seperti tanin, flavonoid, dan saponin. 

Baca Juga: Yuk Simak! Ini Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula

Adapun bahan aktif yang ada pada daun sirih cina antara lain caryophyllene, carotol, dillapiole, pellucidin A, phytol dan vitexin. 

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan daun sirih untuk mata belum terjamin kebersihan dan keamanannya. Hal ini karena air rebusan daun sirih belum tentu memiliki pH yang sesuai dengan kondisi mata. 

Selain itu, ada risiko kontaminasi dalam proses peracikan daun sirih justru bisa menyebabjan konjungitivitis. Sehingga, tidak disarankan untuk meracik daun sirih sendiri di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News