Bugar

Makanan Ini Ampuh untuk Mengurangi Kolesterol, Cek Ada Apa Saja!

Makanan Ini Ampuh untuk Mengurangi Kolesterol, Cek Ada Apa Saja!

MOMSMONEY.ID - Mengelola kadar kolesterol tinggi merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Tidak hanya melalui pengobatan, penyesuaian pola makan dengan memasukkan makanan yang secara alami dapat menurunkan kolesterol juga sangat efektif. Tahukah ada sejumlah makanan untuk mengurangi kolesterol, lo.

Berikut ini Momsmoney uraikan daftar makanan untuk mengurangi kolesterol yang terbukti ampuh:

1. Ikan yang Kaya Asam Lemak Omega-3

Melansir dari laman Hello Sehat, ikan seperti kembung, tongkol, dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan trigliserida dan mengurangi risiko komplikasi terkait kolesterol seperti penggumpalan darah dan serangan jantung.

Baca Juga: Apakah Kacang Mete Mengandung Kolesterol? Cek juga Manfaatnya untuk Kesehatan

2. Kacang-kacangan

Kacang almond dan kenari kaya akan serat dan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Meskipun sangat bergizi, kacang-kacangan memiliki kalori yang tinggi, sehingga penting untuk memperhatikan porsi.

Kacang dapat dinikmati sebagai topping salad atau sebagai camilan yang sehat dengan porsi yang sesuai.

3. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, katuk, dan kangkung kaya akan nutrisi yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat plak kolesterol. Konsumsi sayuran ini disarankan setiap hari, baik sebagai pelengkap makanan maupun diolah menjadi jus atau smoothies.

Baca Juga: Turunkan Hipertensi dengan Kilat, Coba 15 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Ini

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat larut yang sangat baik, yang dapat membantu menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, mengonsumsi 5–10 gram serat larut per hari dapat efektif menurunkan LDL. Sekitar 6 gram serat bisa didapatkan dari satu setengah cangkir oatmeal.

Anda juga dapat menambahkan buah-buahan seperti pisang atau beri untuk meningkatkan asupan serat harian.

5. Buah-buahan

Banyak buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol karena tinggi kandungan serat. Buah seperti alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat.

Alpukat dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan menyediakan rasa kenyang lebih lama, dikutip dari sebuah studi dalam Nutrition Journal di tahun 2013. Ini sangat bermanfaat untuk seseorang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga: 6 Makanan Buruk yang Bisa Merusak Organ Tubuh, Jangan Konsumsi Berlebihan!

6. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah alternatif yang baik untuk susu sapi jika Anda memiliki kolesterol tinggi. Susu ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Dengan mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari, seperti dari 10 ons tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai, dapat mengurangi LDL hingga 5–6 persen menurut Harvard Health.

7. Teh Hitam

Teh hitam mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol LDL. Studi dalam Clinical Nutrition di tahun 2015 menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hitam dapat mengurangi LDL sebesar 4,64 mg/dL, membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Ubah Pola Makan, Ini 9 Cara Jitu Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Itulah beberapa makanan untuk mengurangi kolesterol yang bisa Anda coba. Selain itu, penting untuk mengimbangi dengan gaya hidup sehat dan konsultasi dengan profesional kesehatan untuk manajemen kolesterol yang tepat. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News