Santai

Lebih Paham Kesehatan Perempuan dari Dua Krestor TikTok yang Bertugas di Papua

Lebih Paham Kesehatan Perempuan dari Dua Krestor TikTok yang Bertugas di Papua

MOMSMONEY.ID -  Sebagai ruang kreatif yang inklusif, TikTok terus menjadi platform bagi para kreator, termasuk kreator perempuan untuk saling terhubung, menginspirasi, dan memberikan semangat positif kepada komunitas perempuan di Indonesia dalam berbagai sektor, salah satunya di bidang kesehatan. 

Memperingati Hari Kartini pada 21 April lalu, TikTok menyorot dua kreator perempuan, dr.Amira, SpOG dan Wike Afrilia Patungka, tentang upaya keduanya meningkatkan literasi kesehatan perempuan Indonesia melalui profesi, edukasi, dan advokasi mereka di bidang kesehatan. 
 
Dalam diskusi virtual bersama media yang digelar pada Jumat (19/4), kedua kreator ini berbagi pengalaman mereka melayani para perempuan di Papua, termasuk mengatasi tantangan kesehatan yang ada di wilayah tersebut, antara lain:
 
  1.  dr.Amira, SpOG, seorang dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi di Fakfak, Papua Barat yang aktif berbagi konten edukatif mengenai kesehatan reproduksi dan kehamilan di TikTok guna memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama perempuan, terkait dengan kesehatan seksual.  Dalam kesempatan wawancara bersama media (19/4), dr. Amira menyampaikan bahwa platform digital seperti TikTok membantu tenaga kesehatan seperti dirinya untuk menyampaikan edukasi kesehatan untuk bagi para perempuan di Indonesia. 

    dr. Amira menjelaskan dokter itu punya beberapa tugas, antara lain preventif dan promotif. TikTok memberikan kesempatan besar untuk menjadi wadah bagi tugas tersebut dimana dokter bisa mengamalkan ilmunya lewat TikTok.

    Banyak pasien di daerah yang mungkin akses internetnya kurang baik, tetapi hal pertama yang mereka coba buka ketika mendapatkan akses tersebut salah satunya adalah TikTok untuk mendapatkan informasi. Hal ini menunjukan bagaimana TikTok telah menjadi platform informasi yang dapat diakses dan mengedukasi banyak masyarakat di Indonesia.
     
  2. Wike Afrilia Patungka, seorang bidan asal Sulawesi yang bertugas di pedalaman Papua sejak 2017. Melalui unggahannya di TikTok, Wike membagikan kesehariannya sebagai bidan serta cerita kehidupan masyarakat Papua. Wike memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan kesadaran tentang keterbatasan fasilitas infrastruktur kesehatan, khususnya bagi para Ibu, yang tinggal di berbagai daerah di pelosok Indonesia.

    Dalam kesempatan yang sama, peraih penghargaan "Changemakers of the Year" pada TikTok Awards Indonesia 2023 ini menyampaikan  dampak yang saya rasakan saat menggunakan TikTok sangat luar biasa. Selain dirinya lebih dikenal oleh masyarakat, melalui platform ini, Wike berhasil membangkitkan kesadaran dan empati di antara pengguna TikTok lainnya terkait dengan edukasi kesehatan." Lebih lanjut lagi, banyak pihak yang akhirnya memberikan bantuannya untuk menunjang infrastruktur kesehatan agar dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat sekitar saya," kata Wike.  
 
Melalui konten video pendek, kedua tenaga kesehatan yang juga giat berbagi sebagai kreator perempuan ini terus menunjukkan bagaimana perempuan bisa membawa dampak positif bagi sesama lewat aksi kolektif mereka di TikTok. 

Baca Juga: Link TikTok Tidak Bisa Dibuka di Android dan iPhone, Begini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News