Keluarga

Lakukan Sesekali, Ini 4 Manfaat Tidak Pakai Bra untuk Kesehatan Wanita

Lakukan Sesekali, Ini 4 Manfaat Tidak Pakai Bra untuk Kesehatan Wanita

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita. Simak sampai akhir ya, Moms.

Tidak memakai bra mungkin terasa tidak nyaman. Meskipun begitu, sesekali melepas bra sangat disarankan terutama saat tidur dan bagi wanita dengan payudara besar.

Melansir laman Well + Good, seorang ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas bernama Lucky Sekhon, MD, mengatakan ada sejumlah manfaat yang akan dirasakan oleh para wanita dengan ukuran payudara berapa pun tatkala tidak memakai bra.

Selengkapnya, berikut 4 manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita yang wajib Moms tahu.

Baca Juga: Skincare Enggak Ngefek? Ini 4 Tanda Harus Ganti Produk Skincare

1. Meningkatkan tonus otot dan bentuk payudara

Manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita yang pertama yaitu meningkatkan tonus otot dan bentuk payudara.

Ada bukti bahwa memakai bra dapat membuat otot dan ligamen yang menopang payudara menjadi malas seiring berjalannya waktu. Sehingga, menyebabkan payudara kendur. Itu artinya, anggapan yang mengatakan bahwa tidak memakai bra bisa membuat payudara kendur merupakan kesalahpahaman semata.

Faktanya, tidak sedikit wanita yang melaporkan bahwa payudara mereka menjadi jauh lebih kencang, bulat, dan kuat setelah memutuskan untuk tidak memakai bra dari waktu ke waktu.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita yang kedua yaitu meningkatkan sirkulasi darah.

Memakai bra selama berjam-jam dapat menghambat aliran darah ke otot di area punggung dan dinding dada. Adapun kondisi ini bisa mengurangi aliran darah dan menyebabkan nyeri otot punggung.

Untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah, coba lepas bra Anda lebih sering. Apabila ukuran payudara Anda terbilang besar, sirkulasi darah Anda mungkin akan meningkat lebih drastis saat tidak memakai bra. Pasalnya, bra yang menopang payudara berukuran besar cenderung lebih ketat dibandingkan bra yang dikenakan oleh wanita dengan payudara kecil.

Baca Juga: Biar Tidak Iritasi, Ini 5 Cara Menggunakan Serum Salicylic Acid yang Benar

3. Meningkatkan kenyamanan

Manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita yang ketiga yaitu meningkatkan kenyamanan.

Ternyata, tidak memakai bra dapat membuat Anda merasa nyaman dan lebih terbuka lho Moms. Menurut penelitian, beberapa wanita yang cenderung tidak peka melaporkan bahwa mereka merasa lebih nyaman dan bebas secara keseluruhan setelah terbiasa tidak memakai bra dalam jangka panjang.

Adapun gabungan dari perasaan nyaman dan sirkulasi darah yang lebih baik dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik pula.

4. Meningkatkan kesehatan kulit payudara

Manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita yang keempat yaitu meningkatkan kesehatan kulit payudara.

Mengenakan bra secara teratur cenderung memerangkap kelembaban, kotoran, dan keringat di kulit payudara. Hal ini dapat membuat kulit payudara menjadi lebih rentan terhadap penyumbatan pori-pori dan iritasi.

Keringat, khususnya pada wanita dengan payudara besar, akan terperangkap di bawah payudara dan menyebabkan iritasi kulit. Menurut seorang dokter kulit bersertifikat bernama Morgan Rabach, MD, iritasi kulit ini bisa menjadi acne mechanica atau jenis jerawat yang timbul akibat gesekan atau tekanan pada kulit.

Itulah 4 manfaat tidak pakai bra untuk kesehatan wanita yang wajib Moms tahu. Jadi, apakah Moms masih ragu untuk tidak memakai bra?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News