Santai

Kunjungi Humbang Hasundutan, Presiden Jokowi Cicipi Kuliner Lokal di CHADS

Kunjungi Humbang Hasundutan, Presiden Jokowi Cicipi Kuliner Lokal di CHADS

MOMSMONEY.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, mampir untuk menyicipi kuliner lokal.

Kunjungan kepala negara ke Humbang Hasundutan bertujuan untuk meresmikan Pusat Riset Genomik Pertanian yang terletak di Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2), Kecamatan Pollung. 

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian.

Bersama rombongan, Jokowi menyambangi Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul (CHADS) yang sehari sebelumnya, 15 Oktober 2024, telah diresmikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

Pendiri CHADS Dumasi MM Samosir menyambut hangat rombongan Presiden yang bersantap siang di CHADS sebelum melanjutkan agenda resmi di daerah tersebut.

Salah satu misi utama berdirinya CHADS adalah mendukung program pemerintah dalam mengembangkan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Baca Juga: Trail of The Kings, Lari Sambil Nikmati Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir

"Kami berharap CHADS dapat berperan dalam meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan, yang akan berdampak positif bagi perekonomian lokal serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat," ujar Michael Junjungan Yobel Akasi Wongso, Direktur Utama CHADS, dalam siaran pers, Sabtu (19/10/2024).

Letak strategis CHADS, hanya 35 menit dari Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit, menjadikannya sebagai hub penting bagi perjalanan ke berbagai wilayah sekitar Danau Toba.

CHADS menganut konsep resort menawarkan 94 kamar dengan empat tipe berbeda, serta restoran Sopotta yang menyajikan hidangan Nusantara dan khas Tanah Batak. 

Dumasi MM Samosir juga memperkenalkan Presiden Jokowi pada ikon Tataring ni Uma—perapian ikonik dengan cerobong raksasa yang terletak di lobby PARTOGI, menggambarkan kehangatan khas Dolok Sanggul yang dikenal akan cuaca dinginnya.

Asal tahu saja, CHADS memiliki Junjungan Ballroom berkapasitas hingga 350 orang, dilengkapi fasilitas modern untuk berbagai acara.

Dua ruang pertemuan lainnya berkapasitas 20-30 orang, serta Lisoi Sky Bar, yang menawarkan pengalaman bersantai sambil menikmati kopi khas Humbang Hasundutan dengan panorama indah. 

Tersedia juga fasilitas kolam renang Tambok Parlangean, serta kebun bunga dan buah-buahan yang mendukung konsep "From Farm to Table" untuk dapur hotel.

Baca Juga: Resep Masakan Nusantara Mie Gomak yang Bertekstur Tebal, Asli dari Danau Toba

Ada tiga bangunan tradisional Batak berusia lebih dari 130 tahun, yaitu Sopo Bolon Si Sapang Na Ualu, Sopo Parrapotan, dan Ruma Batak, yang menjadi simbol pelestarian budaya dan fasilitas acara terkait kebudayaan.

"Ini merupakan kehormatan besar bagi keluarga kami. Kehadiran CHADS terinspirasi oleh program pengembangan destinasi super prioritas yang digagas oleh Bapak Presiden. Kami mendirikan CHADS sebagai wujud sumbangsih untuk mendukung program tersebut," ungkap Dumasi.

Dumasi juga mengenang ayahnya, Sahat MaUlim Samosir (Gelar SIGILA) yang sangat berharap bisa bertemu dengan Presiden Jokowi, namun tidak sempat terwujud.

"Saat Pilpres 10 tahun lalu, Papa kami berjuang keras menggalang dukungan untuk Pak Jokowi di Humbang Hasundutan. Dan hari ini, Mama kami akhirnya bisa bertemu dan berbicara langsung dengan beliau. Kami merasa sangat diberkati dan momen ini akan terus kami kenang," tambah Dumasi.

Kehadiran Presiden Jokowi di CHADS, beberapa hari menjelang akhir masa jabatannya, menambah kebahagiaan dan kebanggaan bagi keluarga Samosir dan seluruh masyarakat Humbang Hasundutan.

"Kami berdoa agar Bapak Presiden selalu sehat dan terus menginspirasi banyak orang, bahkan setelah masa tugasnya berakhir," tutup Dumasi.

Selanjutnya: Askrindo Perkuat Proteksi bagi UMKM dengan Asuransi Mikro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News