BisnisYuk

Kopi Tuku Rajin Ikut Festival Kopi Internasional, Mengenalkan Kopi Gula Aren

Kopi Tuku Rajin Ikut Festival Kopi Internasional, Mengenalkan Kopi Gula Aren

MOMSMONEY.ID - Selain memiliki banyak pelanggan, kenikmatan kopi Tuku terbukti dengan keberadaan gerai kopi Tuku di luar negeri dan acara festival kopi internasional. 

Di April lalu, dalam rangka memperkuat fondasi ekspansi internasional pasar Eropa, Tuku bekerjasama dengan Roemah Indonesia BV berpartisipasi di Amsterdam Coffe Festival 2024. Ini kedua kalinya Tuku berpartisipasi dalam festival tersebut sejak 2023.

Tuku berinisiatif bekerjasama dengan pemerintah dan pemain penting di industri untuk meningkatkan standar dan output produksi kopi Indonesia, sesuai dengan permintaan pasar global yang meningkat. 

"Kunjungan yang kami dapat di Amsterdam telah membuktikan bahwa Tetangga Blend dan gular aren memiliki tempat tersendiri bagi konsumen kopi internasional," kata Andanu Prasetyo, CEO & Founder Toko Kopi Tuku, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6). 

Selain di Amsterdam, Tuku juga mendapat tanggapan positif serupa di Korea Selatan. Pada World of Coffee Busan yang baru-baru ini Tuku ikuti juga menunjukkan antusiasme yang sama terhadap gula aren dengan rasa dan aromanya yang unik. 

Tak pelak, produk inovatif TUKU ini, yang telah memikat hati di Amsterdam, kembali mendapatkan sorotan di Busan, menegaskan posisi gula aren sebagai pemanis alami khas Indonesia yang menjanjikan di kancah internasional.

Bekerjasama dengan Kornerd Coffee, pop-up store Tuku di Seoul juga telah berhasil membawa nuansa rasa nusantara kepada para penggemar kopi Korea sejak pembukaannya pada 25 Maret sampai 10 Mei 2024. 

Baca Juga: Sedapnya Peluang Bisnis dari Penikmat Kopi Global

Iced coffee milk with arenga sugar atau es kopi susu tetangga telah menjadi favorit sejak hari pertama, memperkaya komposisi gula aren sebagai simbol representasi budaya dan keunikan Indonesia. 

Dengan rasa bangga, TUKU berkomitmen untuk memperkenalkan gula aren tidak hanya sebagai pemanis alternatif, namun juga sebagai duta yang menyebarkan cita rasa dan kebudayaan Indonesia.

Nur Jamila, Direktur PT Berangan Ragam Rasa yang merupakan unit bisnis Tuku untuk solusi B2B biji kopi dan gula aren, mengatakan, ada potensi manis pertanian agroforestri melalui gula aren. 

"Lebih dari sekadar pelengkap rasa kopi, gula aren adalah ekspresi identitas kuliner Indonesia yang kami banggakan. Keunikan inilah yang kami angkat ke pentas dunia sebagai hasil karya budaya nusantara yang otentik dan kaya akan tradisi," kata Nur. 

Perjalanan Tuku yang dimulai dari kawasan Cipete di Jakarta Selatan dan melanglang buana ke festival-festival kopi terkemuka menegaskan bahwa cita rasa kopi dan gula aren Indonesia mampu bersinergi dengan selera internasional. 

Melalui dedikasi dan upaya berkelanjutan, Tuku bersemangat untuk terus mengeksplorasi pasar baru dan memperkenalkan Indonesia tidak hanya melalui kopi tetapi melalui cerita rasa yang dibangun berdasarkan tradisi dan inovasi.

Tuku sudah berdiri sejak 9 tahun lalu sejak toko pertamanya bukan pada 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News