Santai

Kontak Hilang Sendiri di Android, Simak 9 Cara Memperbaiki dan Mengatasinya

Kontak Hilang Sendiri di Android, Simak 9 Cara Memperbaiki dan Mengatasinya

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami kontak hilang sendiri di Android? Jika iya, Anda perlu menyimak cara memperbaiki dan mengatasi kontak hilang sendiri di Android berikut ini.

Ada beberapa cara memperbaiki kontak hilang sendiri di Android yang perlu Anda ketahui 

Mengutip Guilding Tech, berikut cara memperbaiki dan mengatasi kontak hilang sendiri di Android:

Baca Juga: Spotify Jam Tidak Berfungsi? Simak 7 Cara Memperbaikinya

1. Tutup paksa dan mulai ulang 

Jika bug atau kesalahan aplikasi menyebabkan kontak tidak muncul dengan benar dalam aplikasi Kontak, Anda dapat menutup paksa aplikasi tersebut.

Lalu, buka kembali. Ini akan menghentikan layanan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memuatnya dari awal.

2. Mulai ulang perangkat 

Memulai ulang perangkat Android Anda memastikan semua fitur dan fungsi ditutup paksa dan dimuat kembali. Ini dapat membantu memperbaiki kesalahan atau bug sistem sementara yang mungkin menyebabkan beberapa kontak hilang dalam aplikasi Kontak. 

Baca Juga: Cara Mengembalikan Postingan Facebook yang Dihapus, Ini Langkah Memulihkannya

3. Gunakan aplikasi kontak resmi

Jika Anda selama ini menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melacak kontak, mungkin inilah saatnya beralih ke aplikasi Kontak resmi di perangkat Anda. 

Ini akan memastikan Anda mendapatkan akses ke semua fitur aplikasi resmi dan menemukan kontak yang hilang.

Namun, jika masalah belum teratasi, lanjutkan dengan cara berikut ini.

4. Nonaktifkan dan aktifkan sinkronisasi kontak Google

Perangkat Android Anda menyinkronkan informasi Anda di seluruh perangkat untuk memudahkan akses. Jadi, jika ada masalah saat sinkronisasi sebelumnya, mungkin menyebabkan beberapa kontak hilang dari aplikasi Kontak.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menonaktifkan sinkronisasi kontak dari menu pengaturan Google. Lalu, hidupkan kembali. Ini akan menyinkronkan ulang informasi dan memulihkan kontak yang sebelumnya hilang.

5. Periksa pengaturan aplikasi kontak

Jika Anda menjalankan beberapa akun Google di perangkat Anda, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan aplikasi Kontak hanya menampilkan kontak dari akun tertentu.

Dalam hal ini, kontak yang disimpan di akun Google lain mungkin tidak terlihat. Jika ini terjadi, Anda dapat beralih ke opsi semua akun dalam aplikasi Kontak.

6. Hapus cache untuk aplikasi kontak

Cache aplikasi membantu meningkatkan kinerja aplikasi dengan mengurangi waktu pemuatan. Namun, hal ini memerlukan biaya penyimpanan data aplikasi yang relevan dari booting aplikasi sebelumnya. Seiring waktu, data ini bisa menjadi terlalu besar atau rusak.

Jika hal ini terjadi, aplikasi yang relevan mungkin berperilaku tidak menentu, seperti terus-menerus melewatkan kontak tertentu. Dalam hal ini, Anda dapat membuka menu Pengaturan dan menghapus cache untuk aplikasi Kontak.

Baca Juga: Cara Instal Android 14 Beta, Intip Fiturnya Sebelum Dirilis ke Semua HP

7. Periksa kontak yang dihapus

Salah satu alasan Anda tidak dapat melihat kontak tertentu di aplikasi Kontak adalah karena kontak tersebut terhapus secara tidak sengaja dari perangkat Anda.

Jika demikian, buka halaman Kontak Google dan carilah mereka. Kemudian, pulihkan kontak relevan yang dihapus dan buat kontak tersebut tersedia kembali di perangkat Android Anda.

8. Perbarui aplikasi kontak

Pembaruan aplikasi rutin memastikan aplikasi Anda dapat mengakses perubahan perangkat lunak terbaru dan perbaikan bug. Ini juga membantu menjaga aplikasi Anda tetap kompatibel dengan perangkat Anda dan semua aplikasi lain yang saat ini terinstal.

Jadi, jika Anda merasa aplikasi Kontak sudah lama tidak diperbarui, Anda dapat memeriksa pembaruan aplikasi secara manual. 

9. Atur ulang preferensi aplikasi

Jika ada pengaturan aplikasi default yang menyebabkan banyak atau semua kontak hilang dari ponsel Android Anda, Anda dapat menggunakan opsi setel ulang preferensi aplikasi untuk menghilangkan perubahan tersebut dan mengatur aplikasi kembali ke pengaturan defaultnya.

Namun, harap dicatat bahwa melakukan hal ini akan berdampak pada semua aplikasi yang saat ini diinstal pada perangkat Anda.

Adanya teknologi yang membuat pelacakan semua kontak yang diperlukan menjadi lebih mudah. Nah, itulah cara memperbaiki dan mengatasi kontak hilang sendiri di Android. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News