Santai

Pertama di Indonesia, SPKLU Khusus Angkot Listrik Beroperasi di Kota Bogor

Pertama di Indonesia, SPKLU Khusus Angkot Listrik Beroperasi di Kota Bogor

MOMSMONEY.ID - Kesiapan ekosistem kendaraan listik di tanah air terus ditingkatkan. Setelah sebelumnya ribuan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk mobil listrik pribadi tersedia. Kini, PLN mengoperasikan SPKLU khusus Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (Alibo).

Pengoperasian SPKLU khusus angkot ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor. SPKLU ini juga mendukung upaya Pemerintah Kota Bogor yang tengah menyelenggarakan uji coba terhadap 5 unit Alibo sejak 4 April 2024 hingga 3 Juli 2024.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kehadiran angkot listrik Alibo menjadi era transformasi angkutan umum di Kota Bogor. Dan, SPKLU khusus Alibo merupakan tempat isi ulang angkot listrik komersial pertama beroperasi di Indonesia.

"Salah satu yang fenomenal dari angkot di Kota Bogor ialah polusinya. Angkot sudah bangkotan, angkot sudah reot dibiarkan beroperasi, susah sekali menghentikannya polusi dan lain-lain. Ini adalah reformasi dari era baru Kota Bogor dan ke depannya hanya ada Biskita Trend dan angkot listrik," ujar Bima dalam keterangan tertulis, Kamis (18/4).

Baca Juga: Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyebutkan, PLN menambah SPKLU di Bogor khusus untuk melayani kebutuhan pengisian daya angkutan umum berbasis listrik di wilayah tersebut.

"Fokus PLN tidak hanya terhadap kendaraan listrik pribadi, tetapi juga mendukung angkutan umum berbasis listrik dengan terus menyediakan infrastruktur yang memadai, salah satunya kehadiran SPKLU untuk angkot listrik di wilayah Kota Bogor ini," ujar Darmawan.

Darmawan meyakini, kehadiran angkutan umum berbasis listrik ini akan turut mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor sejalan dengan program Pemerintah dalam mewujudkan target Net Zero Emissions di 2060 sekaligus juga mendukung ketahanan energi nasional. 

Dia pun memastikan, bila uji coba angkutan umum perkotaan berbasis listrik di Kota Bogor ini berhasil, ini akan menjadi contoh penerapan angkutan umum listrik lainnya di wilayah lainnya. "PLN siap mendukungnya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News