Bugar

Kenali Penyebab Pregnancy Glow Selama Kehamilan, Kulit Jadi Glowing!

Kenali Penyebab Pregnancy Glow Selama Kehamilan, Kulit Jadi Glowing!

MOMSMONEY.ID - Ibu hamil harus tahu penyebab pregnancy glow selama kehamilan ada apa saja. Melansir dari realfood.co.id, pregnancy glow adalah perubahan kondisi kulit menjadi tampak lebih cerah dan bersinar saat hamil.

Hal ini karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron pada ibu hamil. Munculnya pregnancy glow dimulai dari trimester satu dan dua, namun ada juga ibu hamil yang tidak merasakan pregnancy glow sama sekali. 

Pregnancy glow tentu disebabkan oleh banyak faktor. Masih bersumber dari realfood.co.id, berikut tiga penyebab pregnancy glow selama kehamilan : 

1. Fluktuasi Hormon

Penyebab pregnancy glow selama kehamilan karena fluktuasi hormon. Adanya peningkatan hormon yang terjadi selama kehamilan membuat kulit ibu hamil terlihat lebih merona sehingga menimbulkan kesan kulit yang bercahaya.

Beberapa hormon seperti estrogen, progestron, dan human chorionic gonadotropin adalah hormon-hormon yang bertanggung jawab terhadap perubahan kondisi kulit ibu hamil.

Baca Juga: 4 Jenis Produk Hair Treatment dan Perbedaan Fungsinya yang Perlu Anda Ingat!

2. Peningkatan Aliran Darah

Selanjutnya, peningkatan aliran darah juga menjadi penyebab pregnancy glow selama kehamilan. Ketika Anda sedang hamil, aliran darah akan meningkat sekitar 50%.

Hal ini karena rahim dan organ-organ vital lainnya membutuhkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan sang buah hati dalam kandungan.

Dengan meningkatnya volume darah, maka pembuluh darah pun menjadi lebih lebar. Adanya peningkatan aliran dan sirkulasi darah tersebut membuat kulit Anda menjadi lebih sehat dan glowing saat hamil.

3. Meningkatnya Produksi Minyak di Kulit

Penyebab terakhir pregnancy glow selama kehamilan adalah meningkatkan produksi minyak di kulit. 

Beberapa ibu hamil mengalami lebih banyak produksi minyak dari kelenjar sebumnya akibat fluktuasi hormon. Kemudian, sekres minyak juga bertambah karena volume darah yang meningkat.

Kulit yang tampak berminyak akan memberikan kesan bersinar. Sayangnya, meningkatnya produksi minyak di kulit dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti jerawat yang timbul secara tiba-tiba.

Itulah tiga penyebab pregnancy glow selama kehamilan yang harus Anda tahu. Meskipun begitu, ibu hamil tetap harus selalu merawat kesehatan kulit karena kulit yang bersinar dan merona saat hamil akan menghilang usai melahirkan.

Bahkan, beberapa ibu hamil ada yang berhenti merasakan efek pregnancy glow meskipun masih mengandung. Selalu oleskan tabir surya dan hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News